//

MODIFIKASI MINERAL HEMATIT DARI PASIR BESI LHOONG ACEH BESAR DENGAN NATRIUM DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI KATALIS BASA ANORGANIK PADA SINTESIS BIODIESEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anneza Astriet - Personal Name
SubjectBIODIESEL FUEL
CATALYIS - ORGANIC CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kimia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Katalis hematit (-Fe2O3) yang dimodifikasi dengan natrium telah berhasil dipreparasi dalam penelitian ini. Hematit yang dipreparasi berasal dari mineral biji besi batuan Lhoong Aceh Besar. Preparasi dilakukan melalui metode presipitasi dengan penambahan asam sulfat (H2SO4), dan dilanjutkan dengan proses kalsinasi pada suhu 7000C selama 2 jam. Kemudian dilakukan proses modifikasi hematit secara kimia dengan penambahan NaOH 5% dan 10%. Hasil karakterisasi dengan XRD menunjukan bahwa hematit (-Fe2O3) merupakan komponen mineral utama, dan pada modifikasi hematit dengan natrium menunjukkan adanya karakteristik puncak Fe2O3 dan puncak natrium. Hasil analisis dengan SEM-EDS mengkonfirmasi bahwa penambahan NaOH 5% (b/b) menjadikan distribusi partikel dan morfologi katalis -Fe2O3/Na yang dihasilkan menjadi lebih homogen. Sedangkan pada penambahan kosentrasi NaOH yang lebih tinggi (10% b/b) menyebabkan peningkatan pengumpalan pada partikel katalis yang dihasilkan. Pada tahap akhir, katalis -Fe2O3/Na yang dihasilkan dalam penelitian ini, telah diuji aktivitas katalitiknya dalam reaksi transesterifikasi minyak kelapa dengan metanol (T= 55-600C selama 2 jam). Hasil GC-MS menunjukan aktivitas yang baik dengan menghasilkan senyawa biodesel (metil ester). Kualitasnya mendekati ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kata kunci : pasir besi, hematit, sintesis biodiesel

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREPARASI KATALIS HETEROGEN DARI LIMBAH CANGKANG TIRAM (CRASSOSTREA GIGAS) DAN SEKAM PADI SERTA UJI AKTIVITASNYA PADA SINTESIS BIODIESEL (M HIDAYATUL MUTTAQIN, 2020)

MODIFIKASI OKSIDA ANORGANIK DARI TULANG SAPI ACEH DAN UJI AKTIVITAS KATALITIKNYA PADA REAKSI TRANSESTERIFIKASI MINYAK KELAPA (YENNI MULYANI, 2021)

PREPARASI KATALIS HETEROGEN DARI LIMBAH TULANG SAPI ACEH DAN UJI AKTIVITASNYA PADA SINTESIS BIODIESEL (Rara Mitaphonna, 2018)

SINTESIS, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS KATALITIK CAO DARI CANGKANG KEONG EMAS (POMACEA SP) TERIMPREGNASI SILIKA DALAM PRODUKSI BIODIESEL (MUTIARA RAMADHANI, 2019)

PREPARASI HEMATIT DARI MINERAL BIJI BESI KAWASAN PERTAMBANGAN LHOONG ACEH BESAR SEBAGAI ADSORBEN ANORGANIK TERHADAP ION KROMIUM (CR3+) (Teuku Banta Dermawan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy