PENGARUH MEROKOK TERHADAP OUTCOME STROKE PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH MEROKOK TERHADAP OUTCOME STROKE PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

SITI RIA RUMAISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1507101010051

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Stroke merupakan penyebab kematian ketiga tertinggi di dunia serta kecacatan jangka panjang bagi penderitanya. Merokok merupakan faktor risiko yang tidak dapat disangkal untuk segala bentuk stroke, namun pengaruh prognostik merokok setelah stroke iskemik akut masih menjadi bahan perdebatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merokok terhadap outcome stroke pada pasien stroke iskemik di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional yang dilakukan pada bulan Desember 2018 di Ruang Rawat Inap Saraf RSUDZA. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner merokok untuk mengetahui derajat merokok sesuai panduan WHO dan National Institutes of Health Stroke Scale (NIHSS) skor untuk mengukur derajat keparahan stroke pada saat admisi dan pada hari terakhir rawatan. Besar sampel yaitu 77 orang yang terdiri dari 47 pria (61%) dan 30 wanita (39%). Terdapat 28 responden (36.4%) merupakan perokok berat, 6 responden (7.8%) perokok sedang, 8 responden (10.4%) perokok ringan dan 35 responden (45.5%) bukan perokok. Berdasarkan hasil uji One-Way Anova terhadap skor NIHSS admisi diperoleh nilai P-Value=0.023 (p0.05). Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok derajat merokok ringan, sedang, berat dan bukan perokok terhadap perubahan outcome skor NIHSS saat masuk dan keluar rumah sakit pada pasien stroke iskemik di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.
Kata kunci: Stroke iskemik, derajat merokok, outcome stroke, NIHSS

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK