//

ISOLASI SENYAWA TURUNAN FENOLIK DARI KULIT BATANG PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) SERTA UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT KOORDINASINYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saiful Fakri - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
ORGANIC CHEMISTRY
ANTIOXIDANTS - APPLIED NUTRITION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kimia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang isolasi senyawa turunan fenolik dari kulit batang pala (Myristica fragrans Houtt) telah dilakukan. Ekstrak etil asetat kulit batang pala dipisahkan komponen kimianya menggunakan (KKG) dengan fase diam silika gel G-60 GF245 dan fase geraknya n-heksana dan etil asetat (elusi gradien) diperoleh 5 fraksi gabungan disebut MFEK 1 – MFEK 5. Fraksi 3 mempunyai aktivitas aktioksidan yang baik direkromatografi dengan menggunakan n-heksana dan etil asetat diperoleh fraksi MFEK 3.2 yang mengandung senyawa fenolik dibuktikan dengan spektrum IR, 1H-NMR dan 13C-NMR. Berdasarkan spektrum MS diperoleh berat molekul 194 dengan usulan struktur senyawa 6,7,8-trihydroxy-2H-chromen-2-one dengan rumus molekul (C9H6O5) mempunyai aktivitas antioksidan dengan IC50 sebesar 49,7 ppm. Hasil sintesis garam logam Cu dengan isolat murni MFEK 3.2 menunjukkan perubahan warna larutan yang menunjukkan kemungkinan terjadinya senyawa kompleks Cu2+. Namun Cuo segera terbentuk dari hasil reduksi Cu2+ dengan ligan, dimana ligan tersebut kemudian teroksidasi. Nilai IC50 senyawa oksidasi ligan lebih besar daripada senyawa ligan murni hasil isolasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI TERPANDU KOMPONEN UTAMA MINYAK ATSIRI TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER (Ratna Maira, 2018)

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK N-HEKSANA TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) (Eralisa, 2017)

ISOLASI DAN ELUSIDASI STRUKTUR KIMIA SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI DAUN DAN AKAR PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT.) YANG MEMPUNYAI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER (Nurmilasari, 2017)

ISOLASI DAN PENGUJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER SENYAWA KULIT BATANG PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT.) (Safrina, 2018)

SINTESIS SENYAWA KOMPLEKS CO (II)DENGAN LIGAN FLAVONOID DARI EKSTRAK AKAR PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT). (Ummu Salamah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy