//

ANALISIS TUMBUH DAN PRODUKSI JAGUNG HIBRIDA AKIBAT CARA PEMBERIAN DAN KONSENTRASI PUPUK DAUN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Hilda Rahmi - Personal Name
SubjectCORN - GARDEN CROP
AGRICULTURAL PRODUCTIVITY
FERTILIZERS - AGRICULTURAL ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Agroekoteknologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi jagung hibrida sehingga dapat menekan laju impor jagung yang semakin meningkat yaitu dengan penggunaan pupuk daun dengan cara pemberian yang tepat. Pemupukan melalui daun adalah salah satu cara yang sangat efisien untuk tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara pemberian dan konsentrasi pupuk daun Gandasil-D terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung hibrida. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Cot Cut, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Laboratorium Gulma dan Laboratorium Penelitian Tanah dan Tanaman, Fakultas Pertanian, Unsyiah. Waktu pelaksanaan dimulai pada November 2017 hingga Februari 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 3 kali ulangan. Adapun faktor yang diteliti yaitu faktor cara aplikasi dan konsentrasi pupuk daun dengan menggunakan varietas jagung hibrida Bima-15. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (ANOVA). Apabila uji F menunjukkan pengaruh yang nyata, maka dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) level 5%. Parameter yang diteliti yaitu indeks luas daun pada umur 30-45, 45-60 dan 60-75 HST, laju tumbuh tanaman pada umur 30-45, 45-60 HST dan 60-75 HST , laju asimilasi bersih pada umur 30-45, 45-60 dan 60-75 HST, tinggi tanaman umur 30, 45, 60 dan 75 HST, diameter batang, diameter tongkol, panjang tongkol, jumlah baris, berat biji per plot, berat 100 biji dan jumlah biji pertongkol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara pemupukan terbaik dijumpai pada cara pemupukan melalui tanah pada fase vegetatif dan pemupukan melalui daun pada fase generatif. konsentrasi pupuk daun terbaik dijumpai pada konsentrasi 4 g/liter air. kombinasi perlakuan terbaik dijumpai pada pemberian pupuk daun melalui daun dengan konsentrasi 4g/liter air. Kata Kunci : jagung hibrida, pupuk daun, cara pemupukan, konsentrasi pupuk.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH DAN SERAPAN HARA TANAMAN JAGUNG, KEDELAI, KACANG TANAH AKIBAT PEMBERIAN MULSA JAGUNG MANIS DAN PUPUK NPK PADA ULTISOL (RIZSKYWAN PURNAMA, 2019)

ANALISIS PRODUKSI DAN SALURAN PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA (ZEA MAYS L) DI KECAMATAN TRUMON TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (PUTRA UTAMA, 2016)

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAGUNG KECAMATAN DARUL AMAN KABUPATEN ACEH TIMUR (HERMANSYAH, 2016)

PERANAN EM4 DAN PUPUK ORGANIK PETROGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN,PRODUKSI DAN VIABILITAS BENIH KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGEAE L.) (Safrizal.HD, 2013)

ANALISIS SUPPLY DAN DEMAND JAGUNG RNDI PROVINSI ACEH (Maina Rahmiza, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy