PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISLE-BASED STEM TOPIK BANDUL SEDERHANA SERTA KAJIAN PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X KODYA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISLE-BASED STEM TOPIK BANDUL SEDERHANA SERTA KAJIAN PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X KODYA BANDA ACEH


Pengarang

EVI RAHMAYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200260004

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Fisika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

531.324

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kurikulum 2013 menuntut suatu proses pembelajaran pada peserta didik dalam cakupan tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, hal ini juga termasuk pembelajaran fisika. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat menunjang kurikulum 2013 adalah ISLE (Investigative Science Learning Enviroment) Based STEM. Pendekatan ISLE-Based STEM adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam melakukan suatu pengamatan serta melakukan proyek eksperimen yang dapat memecahkan permasalahan nyata yang melibatkan kegiatan kelompok (tim) secara kolaboratif. Pengembangan media pembelajaran memegang peran penting dalam ISLE-Based STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran ISLE-Based STEM, respon peserta didik serta hasil belajar siswa SMA kelas X kodya Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil analisis validasi LKPD ahli validitas LKPD mencapai 3,91 yang berada pada kriteria valid, artinya LKPD layak digunakan pada proses pembelajaran. Persentase respon peserta didik terhadap pembelajaran mencapai 85% yang menunjukkan respon peserta didik positif terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan, sedangkan tes hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran sebanyak 86 % peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ISLE-Based STEM dapat digunakan pada siswa kelas X SMA Kodya Banda Aceh dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK