Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISLE-BASED STEM TOPIK BANDUL SEDERHANA SERTA KAJIAN PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X KODYA BANDA ACEH
Pengarang
EVI RAHMAYANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1609200260004
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Fisika Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
531.324
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kurikulum 2013 menuntut suatu proses pembelajaran pada peserta didik dalam cakupan tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, hal ini juga termasuk pembelajaran fisika. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat menunjang kurikulum 2013 adalah ISLE (Investigative Science Learning Enviroment) Based STEM. Pendekatan ISLE-Based STEM adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam melakukan suatu pengamatan serta melakukan proyek eksperimen yang dapat memecahkan permasalahan nyata yang melibatkan kegiatan kelompok (tim) secara kolaboratif. Pengembangan media pembelajaran memegang peran penting dalam ISLE-Based STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran ISLE-Based STEM, respon peserta didik serta hasil belajar siswa SMA kelas X kodya Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil analisis validasi LKPD ahli validitas LKPD mencapai 3,91 yang berada pada kriteria valid, artinya LKPD layak digunakan pada proses pembelajaran. Persentase respon peserta didik terhadap pembelajaran mencapai 85% yang menunjukkan respon peserta didik positif terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan, sedangkan tes hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran sebanyak 86 % peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ISLE-Based STEM dapat digunakan pada siswa kelas X SMA Kodya Banda Aceh dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STEM-ISLE (INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT) BERBASIS MEMS (MICRO ELECTRO MECHANICAL SYSTEMS) TERINTEGRASI LABVIEW SERTA PEMANFAATAN APLIKASI TRACKER UNTUK EKSPERIMEN GETARAN PEGAS (Intan Mulia Sari, 2021)
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TABUNG RESONANSI GELOMBANG BUNYI UNTUK MEMAHAMI FENOMENA GELOMBANG BERDIRI (STASIONER) DENGAN MODEL PENDEKATAN ISLE BASED STEM DALAM MENDUKUNG EDUKASI TRANSFORMASI DI MAN 4 TUNGKOB (Mirza, 2022)
PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI PENGEMBANGAN LKPD ISLE BERBASIS STEM PADA MATERI GELOMBANG STASIONER (TENGKU DIAH ZULISMI PUTRI, 2023)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) MELALUI PENDEKATAN STEM ISLE (INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT) TOPIK PEMANASAN GLOBAL (Irwansyah Putra, 2022)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUCTIONAL GAMES BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Rahmiyanti, 2016)