ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI TAMBAK UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DI KECAMATAN JAYA KABUPATEN ACEH JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI TAMBAK UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DI KECAMATAN JAYA KABUPATEN ACEH JAYA


Pengarang

Silmiati Hamzah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1405102010013

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat kesejahteraan petani tambak udang windu di Kecamatan Jaya, melihat upaya apa saja yang telah dilakukan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan serta melihat kendala apa saja yang terjadi saat melakukan upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani tambak udang windu di tempat penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan indikator 6 ktiteria kesejahteraan BPS tahun 2018 dalam SUSENAS tahun 2015 yang dimodifikasi. Modifikasi yang telah dilakukan ialah dengan cara menggunakan kriteria pengukuran pendapatan rumah tangga petani tambak udang windu menurut Purnomo (1999) dan menggunakan kriteria konsumsi atau pengeluaran rumah tangga dengan berdasarkan standar BPS Garis Kemiskinan (GK) Provinsi Aceh pada September 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Rumah tangga petani tambak udang windu di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya berdasarkan indikator BPS 2018 pada SUSENAS 2015 melalui 6 indikator yang meliputi pendapatan rumah tangga, konsumsi dan pengeluaran rumah tangga, keadaan tempat tinggal rumah tangga, fasilitas rumah tangga, kesehatan rumah tangga dan pendidikan layak yang diperoleh oleh anggota keluarga bahwa sejahtera berjumlah 17 rumah tangga (53,125%) sedangkan 15 lainnya (46,875%) berada pada tingkat kurang sejahtera. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas rumah tangga petani tambak udang windu di Kecamatan Jaya menurut BPS adalah tergolong kurang sejahtera atau sejahtera sedang.

Kata Kunci : Pendapatan, Petambak udang windu, Kesejahteraan, Upaya, Kendala.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK