//

PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) MENJADI KITOSAN MELALUI DEASETILASI KITIN : DENGAN PENDEKATAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIAN ROSALINA - Personal Name
SubjectWASTES TECHNOLOGY
ABSORTION - CHEMICAL ENGINEERING
WATER POLUTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Dian Rosalina. 1405105010047. Pemanfaatan Limbah Cangkang Kepiting Bakau (Scylla serrata) Menjadi Kitosan Melalui Deasetilasi Kitin : Dengan Pendekatan Respon Surface Methodology (RSM) di bawah bimbingan Normalina Arpi sebagai ketua dan Fahrizal sebagai anggota. RINGKASAN Salah satu hasil perikanan yang telah banyak dibudidayakan di Indonesia adalah kepiting bakau (Scylla serrata). Di Banda Aceh khususnya desa Lamjabat telah dilakukan budidaya kepiting lunak. Kepiting lunak berasal dari kepiting bakau yang telah mengalami pergantian kulit (moulting). Limbah cangkang kepiting bakau yang dihasilkan dari proses moulting sangat berlimpah dan belum termanfaatkan dengan baik dan berdaya guna sehingga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Pengolahan limbah cangkang kepiting menjadi kitin dan kitosan merupakan upaya pemanfaatan limbah tersebut agar memiliki nilai ekonomis tinggi dan berdaya guna serta mengurangi volume limbah yang terus meningkat. Pembuatan kitin menjadi kitosan terjadi melalui tahapan deproteinasi, demineralisasi, depigmentasi dan deasetilasi. Penelitian tentang kitosan telah banyak dilakukan, akan tetapi hasil dari derajat deasetilasi kitosan yang dihasilkan berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu konsentrasi NaOH, suhu deasetilasi dan lama deasetilasi. Untuk mengoptimalkan proses deasetilasi dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan Response Surface Methodology (RSM). Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasikan ekstraksi kitin menjadi kitosan dari cangkang kepiting bakau dengan menggunakan pendekatan Response Surface Methodology (RSM). Penelitian ini menggunakan 3 faktor independent (bebas) yaitu konsentrasi NaOH (A), suhu deasetilasi (B), lama deasetilasi (C) pada 5 level (-α, -1, 0, +1, α). Konsentrasi NaOH yang digunakan mulai dari 43,2% – 78,8%, suhu yang digunakan 83,2℃ - 116,8 ℃ dan waktu pemanasan yang digunakan 0,4 jam – 3,6 jam, sedangkan variabel dependent (terikat) adalah rendemen (Y1), derajat deasetilasi (Y2), viskositas intrinsik (Y3) dan berat molekul (Y4). Selanjutnya kitosan yang dihasilkan dianalisis derajat deasetilasi, kadar air, kadar abu, rendemen, viskositas intrinsik dan berat molekul. Optimasi proses deasetilasi kitin menjadi kitosan menggunakan program Design Expert 11 melalui pendekatan Response Surface Methodology menghasilkan 42 formula optimasi. Formula optimasi dengan nilai desirability tertinggi yaitu 0,927 adalah kondisi ekstraksi dengan konsentrasi NaOH 50%, suhu deasetilasi 110℃ dan waktu deasetilasi 1 jam. Kitosan yang diperoleh dari hasil penelitian dengan kondisi ekstraksi tersebut memiliki nilai rendemen 33,61%, derajat deasetilasi 79,2%, viskositas intrinsik 34,96 ml/g dan berat molekul 9,25 kDa, kadar air 3,73% dan kadar abu 1,94 %. Derajat deasetilasi kitosan yang dihasilkan telah memenuhi standar mutu kitosan dari Protan Laboratory karena ≥ 70%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KITIN DARI CANGKANG KEPITING BAKAU (SCYLLA SPP) DALAM MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL JEROAN SAPI (Subhan Hadi Kusuma, 2016)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Audi Maldini, 2017)

KAJIAN JUMLAH INDIVIDU DAN MORFOMETRIKRNKEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DISEKITAR HUTAN RNMANGGROVE KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (AULIA AKBAR, 2015)

KEMAMPUAN KITIN DARI LIMBAH CANGKANG KEPITING BAKAU GENUS SCYLLA DALAM PENGIKATAN MERKURI (HG) DI PERAIRAN KRUENG SIKULAT KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (resa syafitri, 2014)

PENGARUH LAMA WAKTU MOLTING KEPITING BAKAU (SYCLLA SERRATA) JANTAN DENGAN METODE POPEY DAN METODE ABLASI DI GAMPONG COT LAMKUWEH KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Sabrina Ayu Nani Nst, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy