PEMANFAATAN KULIT BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR) PADA PRODUKSI PAKAN FERMENTASI DAN EFEKNYA TERHADAP BOBOT BADAN, PERSENTASE KARKAS, PROTEIN DAN KOLESTEROL AYAM POTONG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMANFAATAN KULIT BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR) PADA PRODUKSI PAKAN FERMENTASI DAN EFEKNYA TERHADAP BOBOT BADAN, PERSENTASE KARKAS, PROTEIN DAN KOLESTEROL AYAM POTONG


Pengarang

IDHAM NOVIANDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200120007

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

636.085 57

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

IDHAM NOVIANDI. Pemanfaatan Kulit Buah Nanas pada Produksi Pakan Fermentasi dan Efeknya Terhadap Bobot Badan, Persentase Karkas, Protein dan Kolesterol Ayam Potong. M. AMAN YAMAN dan RINIDAR.
Kulit buah dan perasan daging buah nanas dihasilkan oleh produsen konsentrat sari buah nanas. Proses pengolahan buah nanas menjadi sari (jus) nanas menghasilkan limbah berupa kulit dan serat perasan daging buah sebanyak 85%.
Dalam satu tahun diprediksi setiap satu hektar lahan buah nanas akan menghasilkan ±10 ton kulit nanas, jadi kulit buah nanas berpotensi untuk dijadikan pakan ternak. Namun hal tersebut terkendala dengan kandungan protein kulit nanas yang rendah, sehingga kebutuhan nutrisi ternak tidak tercukupi. Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, dapat dikatakan bahwa kualitas kulit nanas sebagai bahan pakan unggas harus ditingkatkan kandungan nutrisinya, khususnya peningkatan kadar protein dan penurunan serat kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kulit nanas difermentasi dalam pakan komersil terhadap pertambahan bobot badan, persentase karkas, protein dan kolesterol daging pada ayam potong. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan ternak percobaan sebanyak 80 ekor anak ayam umur satu hari, galur Arbor Arcres yang diaca dan dibagi menjadi empat perlakuan dan empat ulangan selama 35 hari. Pakan perlakuan yang diberikan adalah 0% (A), 10% (B), 20% (C), dan 30% (D), pakan perlakuan diberikan pada umur 14-35 hari. Parameter yang diamati meliputi pertambahan bobot badan, persentase karkas, protein dan kolesterol daging ayam potong. Untuk mengetahui pengaruh perlakuan maka data dianalisa secara statistik dengan menggunakan sidik ragam berdasarkan rancangan yang digunakan. Jika terdapat perbedaan yang nyata antar perlakuan dilakukan uji lanjut menggunakan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pakan yang mengandung kulit nanas difermentasi dalam pakan komersil tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pertambahan bobot badan dan persentase karkas pada ayam potong. Pada uji kadar protein kulit nanas difermentasi dalam pakan komersil juga tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap protein daging pada ayam potong, akan tetapi terdapat kecenderungan ayam potong yang diberi kulit nanas difermentasi dalam pakan komersil memiliki nilai kadar kolesterol yang lebih rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian kulit nanas difermentasi dalam pakan komersil hingga level 30% tidak berpengaruh terhadap pertambahan bobot badan dan persentase karkas, akan tetapi terdapat kecenderungan ayam yang diberi pakan fermentasi kedalam pakan komersil mampu meningkatkan kadar protein dan menurunkan kadar kolesterol pada ayam potong.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK