BEBERAPA ASPEK BIOLOGI KUPU-KUPU DOLESCHALLIA BISALTIDE CRAMER (LEPIDOPTERA: NYMPHALIDAE) YANG DIPELIHARA PADA TANAMAN INANG BERBEDA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

BEBERAPA ASPEK BIOLOGI KUPU-KUPU DOLESCHALLIA BISALTIDE CRAMER (LEPIDOPTERA: NYMPHALIDAE) YANG DIPELIHARA PADA TANAMAN INANG BERBEDA


Pengarang

Uswatun Hasana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200270010

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Biologi Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

595.78

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian beberapa aspek biologi kupu-kupu Doleschallia bisaltide Cramer (Lepidoptera: Nymphalidae) yang dipelihara pada tumbuhan inang berbeda dari bulan Januari sampai Desember 2017 di Laboratorium Ekologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh dan kandang penangkaran kupu-kupu Jurusan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis siklus hidup, preferensi oviposisi, preferensi makanan dan tabel kehidupan D. bisaltide pada tiga jenis tumbuhan inang (Graptophyllum pictum, Asystasia gangetica, dan Ruellia tuberosa). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Data preferensi oviposisi dianalisis menggunakan Uji-t, preferensi makan dengan Anava dan uji lanjut Tuckey, sedangkan tabel kehidupan dianalisis secara deskriptif. Hasil uji oviposisi menunjukkan bahwa D. bisaltide hanya melakukan oviposisi pada dua jenis tumbuhan inang, yaitu G. pictum dan A. gangetica, sementara larva D. bisaltide mengkonsumsi semua jenis daun yang diujikan. Hasil analisis varian menunjukkan bahwa berat daun R. tuberosa yang dikonsumsi oleh D. bisaltide berbeda nyata dengan daun G. pictum dan A. gangetica, namun antara G. pictum dan A. gangetica tidak menunjukkan perbedaan. Sementara itu, persentase jumlah telur yang berhasil mencapai dewasa pada Graptophyllum pictum sebesar 1,58% dan Asystasia gangetica 3,33%. Predator merupakan faktor terbesar penyebab kematian stadium pradewasa D. bisaltidae. Predator yang menyerang pradewasa D. bisaltidae diantaranya adalah Manthis sp., Lasius niger, Soleonpsis sp., Sycanus dichotomus dan laba-laba familia Oxyopidae.

Kata kunci : D. bisaltide, G. pictum, A. gangetica, R. tuberosa, preferensi oviposisi, preferensi makan dan Tabel kehidupan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK