//

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) AKIBAT DOSIS PUPUK KALIUM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH TAHU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FITRI RAMADANI - Personal Name
SubjectPLANT DISEASES
FERTILIZERS AND MANURES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kalium dan konsentrasi pupuk organik cair limbah tahu, serta interaksi keduanya terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2018 di Kebun Percobaan 2 dan Laboratorium Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti yaitu dosis pupuk kalium yang terdiri dari 3 taraf (75, 100 dan 125 kg ha-1) dan konsentrasi pupuk organik cair limbah tahu yang juga terdiri 3 dari taraf (40, 60 dan 80%). Hasil penelitian menunjukkan pemberian dosis pupuk kalium berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah daun pada umur 30 dan 40 HST, diameter umbi, bobot berangkasan basah, bobot basah umbi, bobot berangkasan kering, bobot kering umbi dan potensi hasil serta berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 40 HST. Pertumbuhan dan hasil bawang merah terbaik dijumpai pada dosis pupuk kalium 100 kg ha-1 dan diameter umbi bawang merah terbaik dijumpai pada dosis pupuk kalium 125 kg ha-1. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk organik cair limbah tahu berpengaruh sangat nyata terhadap parameter diameter umbi dan potensi hasil bawang merah. Hasil bawang merah terbaik dijumpai pada konsentrasi 60%. Terdapat interaksi yang sangat nyata terhadap diameter umbi dan interaksi yang nyata terhadap potensi hasil bawang merah. Diameter umbi bawang merah terbaik dijumpai pada kombinasi dosis pupuk kalium 125 kg ha-1 dengan konsentrasi pupuk organik cair limbah tahu 60% dan potensi hasil bawang merah terbaik dijumpai pada kombinasi dosis pupuk kalium 100 kg ha-1 dengan konsentrasi pupuk organik cair limbah tahu 60%. Kata kunci : Potassium, Shallot, Tofu waste organic liquid fertilizer.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Nuni afrina, 2021)

PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR DAN JENIS MULSA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (danil akbar, 2015)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG (ALLIUM ASCALONICUM L.)SEBAGAI EFEK PEMBERIAN PUPUK KOMPOS KIRINYUH (CHROMOLENA ODORAT) DAN PUPUK NPK (syarfianda, 2015)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) AKIBAT PEMBERIAN DOSIS PUPUK KALIUM DAN KONSENTRASI MIKROORGANISME LOKAL (FITRA ARIS MUNANDAR, 2019)

PENGARUH JARAK TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK CAIR GROW QUICK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) ASAL BIJI (Fonna Sri Hartati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy