//

ANALISIS PREDIKSI KETERSEDIAAN LAHAN SAWAH MENGGUNAKAN METODE FORECASTING DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARIF FAISALUDDIN - Personal Name
SubjectLAND USE-AGRICULTURAL SURVEYS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Saat ini permasalahan lahan pertanian di Indonesia adalah maraknya alih fungsi di sektor pertanian menjadi kawasan non pertanian, yang telah menjadi fenomena hampir di seluruh wilayah. Kegiatan pemantauan lahan secara periodik dalam bentuk penelitian terhadap alih fungsi lahan sawah sangat diperlukan untuk menemukan apakah rencana tata ruang wilayah kabupaten yang telah ditetapkan tersebut berjalan sesuai dengan perencanaannya atau telah terjadi ketidakselarasan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan penggunaan lahan sawah tahun 2007-2016, mengetahui pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perubahan penggunaan lahan di sawah dan untuk menghitung prediksi ketersediaan lahan sawah dan produksi beras tahun 2017-2026 di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deksrptif. Penelitian ini menggunakan citra satelit tahun 2007-2010-2013 dan 2018 dalam menganalisis penggunaan lahan temporal di Kecamatan Darussalam. Penelitian ini juga menggunakan data statistik pertumbuhan penduduk dan produksi beras sawah di Kecamatan Darussalam. Untuk menganalisis pengaruh jumlah penduduk dengan sebaran lahan sawah menggunakan regresi linear sederhana dan untuk mengalisis prediksi ketersedian lahan sawah menggunakan persamaan analisis trend linear. Hasil yang diperoleh dari peneletian ini yaitu luas lahan sawah di Kecamatan Darussalam telah berkurang sebesar 1.068 Ha atau 56,9% selama tahun 2007-2016. Selisih perbedaan antara peta pola ruang penggunaan lahan sawah RTRW dengan sebaran sawah aktual yaitu sekitar 6,60%. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan hubungan antara jumlah penduduk terhadap luas perubahaan pengunaan lahan sawah. Sebaran sawah aktual (eksisting) akan mengalami defisit kecukupan lahan sawah terhadap kebutuhan beras di Kecamatan Darussalam di periode tahun 2024-2025.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KONVERSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (SELFIA HENIKA, 2014)

DAMPAK KONVERSI LAHAN PERTANIAN SAWAH TERHADAP PENDAPATAN PEMILIK LAHAN DI KECAMATAN MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG (Wan Mutiara Fahmi , 2016)

PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP PETANI PEREMPUAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Ade Trya, 2017)

ANALISIS PENYIMPANGAN LUAS LAHAN SAWAH IRIGASI SECARA SPASIAL DALAM BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahayu Ansya Fitri, 2017)

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy