IDENTIFIKASI FENOTIPIK DAN GENOTIPIK SERTA UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA BAKTERI ASAM LAKTAT ISOLAT BK-02 YANG BERASAL DARI DAGING KERBAU (BUBALUS BUBALIS) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IDENTIFIKASI FENOTIPIK DAN GENOTIPIK SERTA UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA BAKTERI ASAM LAKTAT ISOLAT BK-02 YANG BERASAL DARI DAGING KERBAU (BUBALUS BUBALIS)


Pengarang

YULIA SAFIKA RIZKI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1308104010037

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Biologi (S1) / PDDIKTI : 46201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bakteri asam laktat merupakan bakteri Gram positif yang menghasilkan asam laktat dari proses fermentasi karbohidrat. Bakteri asam laktat telah digunakan dalam pengolahan bahan pangan karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan pembusuk makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakteri asam laktat isolat BK-02 asal daging kerbau (Bubalus bubalis) secara fenotipik dan genotipik, serta mengetahui pengaruh aktivitas ekstrak bakteriosin kasar terhadap bakteri patogen. Tahapan dari penelitian ini meliputi regenerasi isolat pada media de Man Rogosa and Sharpe Agar (MRSA). Kemudian dilakukan identifikasi fenotipik dengan pewarnaan Gram, uji katalase, dan uji kit API 50 CHL. Lalu dilakukan identifikasi genotipik yang terdiri dari isolasi DNA menggunakan QIAmp DNA Mini Kit (Qiagen), uji kualitas DNA menggunakan elektroforesis, amplifikasi gen 16S rRNA menggunakan primer Bact 27F dan UniB 1492R, uji kualitas hasil amplifikasi, sequencing gen 16S rRNA, dan konstruksi pohon filogenetik. Selanjutnya dilakukan uji aktivitas antimikroba ekstrak bakteriosin kasar isolat BK-02 terhadap bakteri patogen. Hasil identifikasi secara fenotipik dengan kit API 50 CHL menunjukkan bahwa isolat BK-02 teridentifikasi sebagai Lactococcus raffinolactis dengan nilai akurasi yang rendah yaitu 15,7%, sedangkan secara genotipik, isolat BK-02 teridentifikasi sebagai Streptococcus bovis strain JB1 dengan nilai bootstrap sebesar 66%. Hasil uji aktivitas antimikroba ekstrak bakteriosin kasar menunjukkan bahwa isolat BK-02 mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dengan nilai rata-rata diameter zona hambat sebesar 7,3 mm dan tidak memiliki daya hambat terhadap bakteri Escherichia coli.

Kata kunci: Bakteri asam laktat, fenotipik, genotipik, bakteriosin, sequencing, gen
16S rRNA, pohon filogenetik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK