PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH


Pengarang

MAULIDIN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406101040052

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Maulidin. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Spontaneous Group Discussion Dalam Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

(1) Dr. Amsal Amri, M.Pd. (2) Drs. Thamrin K., M.Si.

Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, geografi, Problem Based Learning, Spontaneous Group Discussion

Kegiatan belajar mengajar menjadikan guru sebagai contoh untuk mendukung dan membimbing peserta didik agar berhasil menempuh pendidik annya. Karena itu dalam proses pembelajaran guru harus menyajikan model-model pembelajaran yang berpusat pada keaktifan peserta didik agar memperoleh hasil yang optimal. Model yang dapat digunakan ialah model pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning dan Spontaneous Group Discussion. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion dalam mata pelajaran Geografi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion dalam pelajaran Geografi kelas XI di SMA Negeri 12 Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IS di SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 74 siswa. Pegambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling puiposive, diambil dua kelas yaitu XI-IS I sebanyak 26 dan XI-IS II sebanyak 25. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kepada peserta didik , yaitu pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai tthitung= -1,01 < ttabel =1,68 pada taraf signifikasi 0,05 dengan dk = 49 berarti thitung < ttabel, sehingga Ha ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang diajarakan dengan model Kooperatif Tipe Problem Based Learning tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar peserta didik yang diajarakan dengan model Spontaneous Group Discussion dalam mata pelajaran geografi di SMA Negeri 12 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK