STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA


Pengarang

Fatisa Herlinda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103010030

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

614.532

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: pengetahuan, tindakan, malaria.

Penelitian “Studi Pengetahuan dan Tindakan Masyarakat Tentang Pencegahan Malaria di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya”, dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan tindakan masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit malaria di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 9 November 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KK di desa Alue Kambuk dan Seumambek, Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya sebanyak 165 KK. Sampel dalam penelitian ini adalah KK di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya di Desa Alue Kambuk sebanyak 31 KK dan di Desa Seumambek sebanyak 10 KK yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada responden secara langsung dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan masyarakat di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya tentang malaria tidak baik. Pengetahuan mengenai pengetahuan umum tentang malaria tidak baik (36,89%), tentang penularan tidak baik (29,88%), tentang gejala tidak baik (31,71), tentang pengobatan tidak baik (52,03) dan tentang pencegahan juga tidak baik (34,15%). Tindakan masyarakat tentang pencegahan malaria di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya cukup baik (58,08%).


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK