//

EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI RIZOBAKTERI SERTA UJI IN VITRO TERHADAP DAYA HAMBAT PATOGEN PHYTOPHTHORA PALMIVORA PADA TANAMAN KAKAO (THEOBROMA CACAO L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ita Zahara - Personal Name
SubjectCHOCOLATE PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Kakao (Theobroma cacao L.) merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki peranan cukup penting dalam perekonomian nasional yaitu sebagai sumber pendapatan khususnya penyedia lapangan kerja, dan sumber devisa negara. Produktivitas kakao di Indonesia masih dibawah potensi produksi semestinya. Salah satu penyebabnya adalah serangan penyakit P. palmivora. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat rizobakteri yang mampu berperan sebagai kadidat agen biokontrol dalam menghambat pertumbuhan koloni patogen P. palmivora secara in vitro. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dari Maret sampai Juni 2018. Penelitian menggunakan metode eksploratif deskriptif untuk mengisolasi patogen dan mengisolasi rizobakteri kandidat agen biokontrol serta metode eksperimen untuk uji antagonisme rizobakteri terhadap patogen P. palmivora pada media PDA. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non Faktorial. Faktor yang diteliti yaitu isolat rizobakteri, taraf yang dicobakan terdiri dari 19 isolat dan patogen antagonis P. palmivora yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 57 unit satuan percobaan, rizobakteri agen biokontrol diuji kemampuan antagonisnya terhadap patogen P. palmivora, dimana rizobakteri diberi simbol R dan jamur patogen diberi simbol P. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah persentase penghambatan rizobakteri terhadap pertumbuhan koloni patogen dan laju penghambatan rizobakteri terhadap pertumbuhan koloni patogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 19 isolat rizobakteri mampu menghambat pertumbuhan koloni patogen P. palmivora secara in vitro, isolat yang menunjukkan daya hambat tinggi yaitu isolat TRI8/9 dengan persentase penghambat 62,10% dan laju penghambatan isolat rizobakteri terbaik terdapat pada isolat TRI8/9 dengan nilai laju penghambatan 3,16 mm/hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI RIZOBAKTERI SERTA UJI IN VITRO TERHADAP DAYA HAMBAT PATOGEN PHYTOPHTHORA PALMIVORA PADA TANAMAN KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (Ita Zahara, 2018)

KARAKTERISASI FISIOLOGI DAN BIOKIMIA RIZOBAKTERI SEBAGAI AGEN BIOKONTROL TERHADAP PHYTOPHTHORA PALMIVORA DAN SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN ISOLAT TANAMAN KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (VIA JULITA, 2019)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS (Ime Syahdibrina, 2015)

EFEKTIFITAS DAYA HAMBAT RIZOBAKTERI TERHADAP PATOGEN TERBAWA BENIH SECARA IN VITRO DAN PERANANNYA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH PADA DUA VARIETAS CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (Malikul Mulki, 2018)

KARAKTERISASI RIZOBAKTERI AGEN BIOKONTROL TERHADAP PATOGEN PHYTOPHTHORA PALMIVORA SERTA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN KAKAO (Rahmat Barona, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy