//

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arie Adrian - Personal Name
SubjectNURSING
BURNOUT-PSYCHOLOGY
SOCIAL SUPPORT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH Arie Adrian ABSTRAK Perawat adalah salah satu profesi di rumah sakit yang memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan, yang sangat rentan terhadap burnout. Burnout merupakan suatu kejenuhan yang ditandai dengan kondisi kelelahan fisik, emosi, dan mental yang dikarenakan situasi dan kondisi tidak nyaman yang terus-menerus menekan individu. Faktor penyebab burnout sangatlah beragam, salah satunya adalah kurangnya dukungan sosial yang diterima oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan burnout pada perawat Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Banda Aceh. Hipotesis yang diajukan adalah dengan semakin tinggi dukungan sosial maka akan semakin rendah burnout. Subjek penelitian adalah para perawat yang bertugas di IGD di RSUDZA, RSU Meuraxa, dan RS Ibu & Anak Banda Aceh yang berjumlah 55 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial yang disusun dengan mengacu pada teori Sarafino (1998), dan skala burnout yang disusun dengan mengacu pada teori Maslach, Schaufeli, & Leiter (2001). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan metode statistika dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar r = - 0.657 dan (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Dewi Yulianti, 2015)

HUBUNGAN BURNOUT DENGAN STRATEGI KOPING PADA PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Rahma Octia, 2019)

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mai Bony Dollah, 2015)

GAMBARAN PENDOKUMENTASIAN PROSES KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (RAIHAN ASTUTI, 2021)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT DENGAN BURNOUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Mulvi Rozi Yani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy