//

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VIII MTSN 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI ADI LESTARI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
COMMUNICATION IN TEACHING
EXAMINATION (EDUCATIONAL TESTS)
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis mengakibatkan siswa sulit memahami dan mengkomunikasikan ilmu matematika dengan baik. Kegiatan pembelajaran prosedural yang biasa dilaksanakan di sekolah, kurang mampu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Alternatif pembelajaran yang dapat dilaksanakan adalah melalui strategi Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa setalah belajar dengan strategi TAPPS berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas VIII/4 MTsN 4 Banda Aceh yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data kualitatif diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara. Pengumpulan data kualitatif diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara. Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penelitian ini ditinjau berdasarkan tiga indikator yaitu drawing, written text, dan mathematical expression. Indikator drawing yaitu kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui gambar. Kemampuan written text yaitu siswa dapat menyelesaikan masalah dan menjelaskan selesaian tersebut secara tertulis dengan bahasanya sendiri. Kemampuan mathematical expression yaitu siswa mampu merubah suatu permasalahan ke dalam model matematika dan sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa telah menguasai kemampuan komunikasi matematis dengan cukup baik, diantaranya 8 siswa telah menguasai seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis, 14 siswa menguasai dua indikator, dan 7 siswa hanya menguasai satu indikator. Indikator yang berhasil dikuasai seluruh siswa adalah drawing. Indikator written text hanya dikuasai oleh sebagian siswa. Indikator mathematical expression hanya dikuasai sebagian siswa dan menjadi indikator yang paling sedikit dikuasai siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ARITMATTIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP METHODIST BANDA ACEH (Cici Prastika, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Hesti Arianti, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy