//

ANALISIS PENGARUH KUNJUNGAN MAHASISWA KE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Julianda Putra - Personal Name
SubjectSTUDENT ACADEMIC ACTIVITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Perpustakaan merupakan fasilitas penting untuk dimiliki oleh universitas dan harus dimanfaatkan oleh mahasiswa. Pemanfaatan sumber belajar yang disediakan oleh perpustakaan dan baik dalam proses belajar, akan menimbulkan keberhasilan prestasi akademik yang baik terhadap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik ordinal yang difokuskan pada pemodelan sehingga diketahui faktor-faktor yang memengaruhi indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data hasil survei dampak perpustakaan Unsyiah terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dilakukan oleh UPT. Perpustakaan Unsyiah bekerja sama dengan SPARG dan PPISB pada pada bulan November 2017 hingga April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pengaruh kunjungan mahasiswa ke perpustakaan Universitas Syiah Kuala terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Hasil yang diperoleh terdapat tiga model pengaruh kunjungan mahasiswa ke perpustakaan Universitas Syiah Kuala terhadap IPK mahasiswa, yaitu model pertama (g1(x)) IPK dengan kategori ≤ 2,49, model kedua (g2(x)) IPK dengan kategori 2,50 – 2,99, dan model ketiga (g3(x)) IPK dengan kategori 3,00 – 3,49. Setelah menggunakan uji signifikansi secara parsial, variabel yang memengaruhi kunjungan mahasiswa ke perpustakaan Unsyiah terhadap IPK mahasiswa secara signifikan adalah dampak kelas literasi (X4), pengetahuan aplikasi UILIS mobile (X7), durasi masa studi lebih pendek (X9), menemukan sumber bacaan berkualitas (X10), kenyamanan dalam mengunjungi perpustakaan (X12), pelayanan pustakawan (X13), jenis kelamin (X14), dan semester (X15). Kata kunci : Perpustakaan, mahasiswa, indeks prestasi kumulatif, regresi logistik ordinal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI MAHASISWA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PRODI FISIKA FKIP UNSYIAH (MUHAMMAD HUSNI THAMRIN, 2014)

HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Herliana, 2018)

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Ulul Azmi, 2019)

MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2016) (Cut Irmasita, 2018)

PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN FKIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN(FKIP) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (diska nadya, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy