//

PENGARUH PEMBERIAN ZPT ATONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA TANAMAN STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA) DI KAMPUNG PAYA TUNGEL KECAMATAN JAGONG JEGET ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asrieka Setia Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri, Setia. Asrieka. 2018. Pengaruh Pemberian ZPT Atonik Terhadap Pertumbuhan dan Kadar Vitamin C pada Tanaman Stroberi (Fragaria virginiana) Di Kampung Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget Aceh Tengah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Supriatno, M. Si., (2) Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. Kata Kunci: Pertumbuhan, Stroberi, Atonik, Vitamin C. Salah satu alternatif untuk mempercepat pertumbuhan tanaman stroberi ialah dengan cara pemberian ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). Zat pengatur tumbuh yang sering digunakan antara lain atonik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ZPT Atonik terhadap pertumbuhan dan kadar vitamin C pada tanaman stroberi (Fragaria virginiana). Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter yang diamati antara lain panjang tangkai daun, jumlah daun, jumlah bunga, jumlah stolon dan kadar vitamin C buah stroberi setelah diberikan zat pengatur tumbuh atonik. Analisis pertumbuhan tanaman dan kadar vitamin C pada buah stroberi dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), apabila tanaman memperlihatkan pengaruh yang nyata, maka dilakukan uji lanjutan sesuai dengan koefesien keragaman yang didapat. Berdasarkan hasil ANAVA panjang tangkai daun pada umur 20 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (7,70 > 3,10), untuk jumlah daun terbanyak pada umur 40 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (15,56 > 3,10), dan jumlah bunga terbanyak pada umur 20 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (34,88 > 3,10), sedangkan untuk jumlah stolon terbanyak diperoleh pada umur 20 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (17,13 > 3,10), sebaliknya dengan kadar vitamin C yang dihitung pada umur 60 HST menunjukan bahwa nilai F hitung > F tabel pada taraf ɑ = 0,05 yaitu sebesar (1478,5 > 3,10). Keadaan ini menunjukkan bahwa pemberian zat atonik berpengaruh nyata terhadap panjang tangkai daun, jumlah daun, jumlah bunga, jumlah stolon dan kadar vitamin C pada buah stroberi. Pengaruh nyata pada pertumbuhan dan kadar vitamin C pada buah stroberi disebabkan oleh pemberian atonik yang merangsang pertumbuhan sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK HAYATI DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA BUAH STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA) (RUSMAWARNI, 2016)

PERSEPSI IBU TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA ANAK BATITA DI DESA PAYA TUNGEL KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (FITHRI JAUHARI, 2018)

PERTUMBUHAN TANAMAN STROBERI (FRAGARIA SP.) SECARA HIDROPONIK DI DATARAN RENDAH PADA BERBAGAI NILAI EC (ELECTRICAL CONDUCTIVITY) (Rizka Yuhazeri Putri, 2019)

PERKEMBANGAN PEMUKIMAN TRANSMIGRASI DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH 1982-2014 (nurul fitri, 2014)

SURVEI PREVALENSI EKTOPARASIT PADA POPULASI ANJING PEMBURU (CANIS LUPUS FAMILIARIS) DI KECAMATAN JAGONG JEGET ACEH TENGAH (ALAN KURNIYAWAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy