PENGARUH PEMBERIAN ZPT ATONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA TANAMAN STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA) DI KAMPUNG PAYA TUNGEL KECAMATAN JAGONG JEGET ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PEMBERIAN ZPT ATONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA TANAMAN STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA) DI KAMPUNG PAYA TUNGEL KECAMATAN JAGONG JEGET ACEH TENGAH


Pengarang

Asrieka Setia Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103010009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Putri, Setia. Asrieka. 2018. Pengaruh Pemberian ZPT Atonik Terhadap Pertumbuhan dan Kadar Vitamin C pada Tanaman Stroberi (Fragaria virginiana) Di Kampung Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget Aceh Tengah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Supriatno, M. Si., (2) Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si.

Kata Kunci: Pertumbuhan, Stroberi, Atonik, Vitamin C.

Salah satu alternatif untuk mempercepat pertumbuhan tanaman stroberi ialah dengan cara pemberian ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). Zat pengatur tumbuh yang sering digunakan antara lain atonik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ZPT Atonik terhadap pertumbuhan dan kadar vitamin C pada tanaman stroberi (Fragaria virginiana). Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter yang diamati antara lain panjang tangkai daun, jumlah daun, jumlah bunga, jumlah stolon dan kadar vitamin C buah stroberi setelah diberikan zat pengatur tumbuh atonik. Analisis pertumbuhan tanaman dan kadar vitamin C pada buah stroberi dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), apabila tanaman memperlihatkan pengaruh yang nyata, maka dilakukan uji lanjutan sesuai dengan koefesien keragaman yang didapat. Berdasarkan hasil ANAVA panjang tangkai daun pada umur 20 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (7,70 > 3,10), untuk jumlah daun terbanyak pada umur 40 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (15,56 > 3,10), dan jumlah bunga terbanyak pada umur 20 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (34,88 > 3,10), sedangkan untuk jumlah stolon terbanyak diperoleh pada umur 20 HST diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (17,13 > 3,10), sebaliknya dengan kadar vitamin C yang dihitung pada umur 60 HST menunjukan bahwa nilai F hitung > F tabel pada taraf ? = 0,05 yaitu sebesar (1478,5 > 3,10). Keadaan ini menunjukkan bahwa pemberian zat atonik berpengaruh nyata terhadap panjang tangkai daun, jumlah daun, jumlah bunga, jumlah stolon dan kadar vitamin C pada buah stroberi. Pengaruh nyata pada pertumbuhan dan kadar vitamin C pada buah stroberi disebabkan oleh pemberian atonik yang merangsang pertumbuhan sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK