//

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK KECAMATAN KUTA BARO, ACEH BESAR TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Izar Azwar - Personal Name
SubjectCHILD DEVELOPMENT
MOTHER
EDUCATION AND ECONOMIC

Abstrak/Catatan

Pertumbuhan dan perkembangan anak dapat di pengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya faktor pendidikan orang tua dan status ekonomi keluarga. Gangguan perkembangan di indonesia adalah 12,8%-28,5%, sedangkan gangguan pertumbuhan adalah 13,3%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu dan status ekonomi keluarga terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan desain observational analytic dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian adalah semua TK di Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan metode proportional stratified random sampling kemudian dilakukan pemilihan secara acak sebanyak 82 sampel dari 460 populasi anak. Selama penelitian berlangsung di dapatkan 87,8% anak memiliki status pertumbuhan normal dan 58,5% anak status perkembangan tanpa keterlambatan. Sedangkan pendidikan orang tua adalah menengah 38 (46,3%) dan berstatus ekonomi keluarga menengah 56 (68,3%). Analisa data menggunakan uji statistik Chi-Square dan alternatif lain uji statistik Fisher, dengan α = 0,05 serta interval kepercayaan 95%. Uji alternatif Fisher antara tingkat pendidikan ibu dengan pertumbuhan anak didapatkan hasil yang tidak bermakna (p=1,00), dan status ekonomi keluarga dengan pertumbuhan anak didapatkan hasil yang tidak bermakna (p=0,71). Sedangkan Uji Chi-Square antara tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan anak didapatkan hasil yang tidak bermakna (p=0,91), dan status ekonomi keluarga dengan perkembangan anak didapatkan hasil yang tidak bermakna (p=0,12).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GANGGUAN PERKEMBANGAN PASIEN GIZI BURUK DI RUANG RAWAT INAP ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Romi Sattria, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK KECAMATAN KUTA BARO, ACEH BESAR TAHUN 2014 (Izar Azwar, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 24-48 BULAN DI PAUD KECAMATAN LEUNG BATA, BANDA ACEH TAHUN 2012 HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 24-48 BULAN DI PAUD KECAMATAN LEUNG BATA, BANDA ACEH TAHUN 2012 (Zulham Effendy, 2016)

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP RISIKO GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN METODE PEDS DI TK DAN PAUD GAMPONG BANDA SAFA KABUPATEN ACEH BESAR (Mughniyanti Zuhri, 2015)

HUBUNGAN ANTARA WAKTU LUANG IBU DENGAN PERTUMBUHAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD BANDA ACEH (Umi Nofia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy