//

PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT DALAM CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAS 0,45

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KIRAMI BARARAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pasir laut merupakan salah satu material yang memiliki ketersediaan kuantitas yang cukup besar namun secara kualitas masih perlu diteliti lebih lanjut terhadap mutu betonnya karena kandungan garam pada pasir laut dapat menyebabkan korosi pada tulangan. Pasir laut banyak digunakan oleh masyarakat pesisir hal ini dikarenakan sulitnya jangkauan dan sumber penambangan pasir sungai, pasir laut yang digunakan berasal dari pantai desa Lama Muda Aceh Barat Daya. Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang telah umum digunakan untuk bangunan gedung, jembatan, jalan, dan lainya dan beton merupakan suatu bahan komposit yang dihasilkan dari pencampuran bahan-bahan agregat halus, agregat kasar, air, semen atau bahan lain yang berfungsi sebagai pengikat hidrolis. Beton normal memiliki kekuatan tekan yang tinggi dibandingkan dengan kekuatan tarik. Menguji tekanan beton adalah suatu tujuan memperoleh nilai kuat tekan dengan prosedur yang benar. Kuat tekan beton menyebabkan benda uji beton hancur bila dibebani dengan gaya tekan tertentu yang dihasilkan oleh mesin tekan. Kuat tarik belah beton adalah suatu sifat penting yang mempengaruhi perambatan dan ukuran retak di dalam struktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pasir laut terhadap kuat tekan dan kuat tarik belah beton dengan menggunakan fas 0,45. Sebelum penelitian dilakukan pencucian pasir laut sebanyak 7 kali dan pada pengadukan beton dilakukan pengujian test slump dengan menggunakan kerucut Abram’s sesuai ketentuan ASTM-C 143-78. Pada penelitian ini dilakukan perawatan beton selama 7, 14, dan 28 hari dengan benda uji yang digunakan adalah silinder berdiameter 15 cm x 30 cm sebanyak 36 buah benda uji untuk pengujian kuat tekan dan kuat tarik belah beton pengujian pertama pada 7 hari perawatan beton, pengujian kedua pada hari ke 14 perawatan beton selanjutnya pengujian ketiga dilakukan pada hari 28 perawatan beton. Hasil pengujian menyatakan bahwa penggunaan pasir laut mempunyai kuat tekan dan kuat tarik belah beton lebih rendah dibandingkan beton normal atau beton yang menggunakan pasir sungai. Kata Kunci : Beton, Pasir laut, Pasir Sungai, Kuat Tekan, Kuat Tarik Belah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAS 0,60 (RYAN AFDAL, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAS 0,50 (ARMA, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAS 0,40 (NYAK ULFAH RAMADHANUR, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAS 0,55 (MUHAMMAD IQBAL, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN PASIR LAUT TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,30 (FAUZIATUL MAULIZA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy