PENGARUH PEKERJAAN PEREMPUAN TERHADAP RNPOLA PENGASUHAN ANAKRN( STUDI PADA PEREMPUAN GAMPONG GUE GAJAH KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR ) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEKERJAAN PEREMPUAN TERHADAP RNPOLA PENGASUHAN ANAKRN( STUDI PADA PEREMPUAN GAMPONG GUE GAJAH KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR )


Pengarang

farra nadya - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FISIPOL., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

331.4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kesibukan dari kedua orang tuanya adalah salah satu contoh dari beberapa keluarga yang tidak ideal. Ketidaknyamanan yang didapatinya dalam keluarga membuat anak-anak itu senang tinggal di luar rumahnya dan lebih senang menhabiskan waktu bersama teman-temanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan atau faktor pendorong perempuan memilih untuk bekerja di sektor publik dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pekerjaan perempuan di sektor publik terhadap pola pengasuhan anak. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan “metode statistik deskriptif analisis dan ditunjang oleh data-data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan angket atau kuesioner. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan terhadap perempuan Gampong Gue Gajah menunjukkan bahwa faktor yang mendorong perempuan tersebut bekerja di luar rumah adalah pertama karena tuntutan hidup dengan persentase 46%, kedua karena ingin mendapatkan pendapatan tambahan dan keleluasaan finansial dengan persentase 31%, ketiga karena ingin mengaktualisasikan diri dan mendapatkan prestise dengan persentase 16% dan keempat karena ingin mengembangkan bakat menjadi komersil dengan persentase 7%. Dari perhitungan menggunakan program SPSS , diperoleh angka indeks korelasi sebesar 0,680 yang berkisar antara >0,50 – 0,75, ini berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y yaitu korelasi yang Kuat. Dengan demikian ada hubungan positif yang signifikan antara pekerjaan perempuan terhadap pola pengasuhan anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang penulis dapatkan di lapangan dimana pekerjaan perempuan di ranah publik mempengaruhi intensitas komunikasi antara ibu dan anak, kualitas perhatian ibu terhadap anaknya serta mempengaruhi pendidikan anak.

Kata Kunci : Pekerjaan Perempuan, Pola Pengasuhan, Anak

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK