PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

FAHMI RIJA ARHAS - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101040079

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Perbandingan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Share, Tipe Change of Pairs

Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat informasi. Penggunaan model pembelajaran ini dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mencari dan menyampaikan informasi. Penelitian ini mengangkat Permasalahan mengenai perbedaan hasil belajar mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tipe Change of Pairs pada mata pelajaran Geografi Kelas XI IS di SMA Negeri 1 Baitussalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS 1 dan kelas XI-IS 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dimulai dengan tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test). Pengolahan dan analisis data penelitian menggunakan rumus ANOVA dan uji beda (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran geografi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Change of Pairs. Berdasarkan perhitungan statistik uji-t pada siswa kelas XI IS, maka diperoleh nilai thitung 2,6 dan ttabel 1,68 untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 47, artinya sesuai dengan kriteria thitung > ttabel atau 2,6 > 1,68 sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran geografi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Change of Pairs.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK