PERAN WANITA PEDAGANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGARN(SUATU PENELITIAN PADA WANITA PEDAGANG KAKI LIMA RNDI PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN WANITA PEDAGANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGARN(SUATU PENELITIAN PADA WANITA PEDAGANG KAKI LIMA RNDI PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

Muhammad Rizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0810101010017

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Sosiologi (S1) / PDDIKTI : 69201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FISIPOL., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

305.4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Penelitian ini tentang wanita yang bekerja membantu memenuhi kebutuhan keluarga pada wanita pedagang kaki lima di Peunayong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi wanita pedagang kaki lima bekerja, dan untuk mengetahui kendala dalam menjalankan dua peran sebagai pedagang kaki lima di Peunayong dan sebagai ibu rumah tangga yang menjalankan semua pekerjaan rumah tangga demi kelangsungan hidup keluarganya. Penelitian ini dilakukan di Peunayong yaitu di pasar Sayur dan Buah atau pasar Kartini, pasar Bumbu dan Pasar Nasabe. Penelitian ini menggunakan mixed metodelogi dengan jumlah sampel 100 orang atau 52% dari wanita pedagang kaki lima di Peunayong. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor atau motivasi wanita bekerja sebagai pedagang kaki lima di Peunayong adalah karena dorongan kebutuhan ekonomi keluarganya, dan juga sebagian dari mereka sudah menjadi orang tua tunggal bagi anak-anaknya. Dari hasil penelitian ini wanita pedagang mengakui bahwa mereka tidak mempunyai kesulitan dalam mengatur waktu antara bekerja sebagai pedagang dan sebagai ibu rumah tangga yang menjalankan segala pekerjaannya di rumah. Kendala yang sering dihadapi oleh wanita pedagang kaki lima di Peunayong adalah sering mendapatkan penggusuran tempat mereka berjualan. Kendala lain yang di hadapi adalah adanya pedagang yang tidak berjualan pada tempat yang telah disediakan oleh pemerintah sehingga menjadi masalah bagi pedagang yang berjualan pada tempat yang seharusnya. Yang menjadi faktor pendukung wanita pedagang kaki lima di peunayong adalah, responden mengakui bahwa mereka didukung oleh keluarga, bisa diterima oleh masyarakat dan juga mereka bisa menjalankan pekerjaan rumah tangga dan mengurus keluarga dengan baik.

Kata Kunci : Peran Wanita, Pedagang Kaki Lima, Pendapatan Rumah Tangga

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK