//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DI KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT INTAN MEUTIA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL TESTS
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pada kurikulum 2013 pemecahan masalah merupakan tujuan dalam pembelajaran matematika, agar siswa dapat berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Siswa dapat memecahkan masalah matematika haruslah memperhatikan proses pemecahan masalah, salah satunya yang dikembangkan Polya yang terdiri 4 tahapan yaitu memahami, merencanakan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP di Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP di Kabupaten Aceh Jaya yang berjumlah 6 orang siswa. Pengumpulan data dikumpulkan dengan cara tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis meliputi tes kemampuan menyelesaikan masalah matematika, dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah. Sedangkan wawancara dilakukan untuk memverifikasi kembali penyelesaian yang telah ditulisnya, dikarenakan ada indikator-indikator yang tidak terpenuhi jika tidak dilakukannya wawancara. Hasil yang diperoleh yaitu, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dari ketiga level sekolah di Kabupaten Aceh Jaya kurang baik: siswa kurang memahami masalah dengan baik, memiliki rencana penyelesaian tetapi tidak sesuai dengan konsep yang seharusnya, melaksanakan penyelesaian masalah tetapi tidak runtun, dan tidak memeriksa kembali penyelesaian. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah Matematika

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII (Syarifah Syifa, 2020)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

INTUISI SISWA SMK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PERBEDAAN GENDER (Nazariah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy