//

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI TERHADAP SISWA SD NEGERI 5 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUNDA SUFNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri siswa berkebutuhan khusus di SD 5 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri anak berkebutuhan khusus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik yang berasumsi pentinya makna bagi perilaku manusia, manusia bertindak terhadap manusia lainnya berdasarkan makna yang diberikan orang lain kepada mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Informan atau subjek penelitian yang dipilih untuk diwawancarai sesuai tujuan penelitian, yang terdiri dari 5 orang guru di SD 5 Banda Aceh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi diri anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan belajar spesifik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi siswa berkebutuhan khusus dengan memahami kesulitan yang dihadapi siswa dan mengenali karakter siswa yang mengalami kesulitan belajar agar mempermudah hubungan secara interpersonal. Secara umum komunikasi yang dilakukan lebih cenderung menggunakan media gambar dan alat peraga untuk menarik minat, motivasi anak dalam berkomunikasi secara interpersonal. Bahasa verbal dan nonverbal digunakan seperti raut muka ekspresif, suara lantang, artikulasi jelas, gaya tubuh dan bahasa tubuh disertai dengan sentuhan, belaian, tatapan mata. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, guru, motivasi, anak berkebutuhan khusus

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL (Lukman, 2018)

IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI PADA SD NEGERI 57 BANDA ACEH) (Nurraida, 2019)

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (Fadli, 2014)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PENGURUS OSIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rintang Berutu, 2020)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBINAAN MORAL REMAJA DI SEKOLAH (STUDI TERHADAP GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 8 DARUSSALAM BANDA ACEH) (Fahmi Ramadhan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy