//

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hery Saputra - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan kurang efektifnya model pembelajaran yang selama ini telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model TTW dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pre-test-Post-test Control Group Design. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model TTW dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 2 Indrajaya dengan sampel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Indrajaya. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematik dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dilakukan terhadap rataan pretes, postes dan gain ternormalisasi antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model TTW lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Aktivitas siswa pada tahap Think, Talk, dan Write siswa yang belajar pada kelas eksperimen menunjukkan persentase yang lebih baik dari setiap pertemuan; (3) Terdapat korelasi yang tinggi antara aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model Think-Talk-Write (TTW) dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Kata kunci : Think-Talk-Write (TTW), Komunikasi Matematik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (M. Yunus, 2013)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMPN 3 BIREM BAYEUN (HENNY JULIANA, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI ALJABAR YANG MELIBATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Fadhilah Ladia, 2017)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SMP POS KEADILAN PEDULI UMAT ACEH BESAR (Uci Mahlisa, 2018)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEYAKINAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Indah Suryawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy