//

SIMULASI BANJIR DENGAN HEC-RAS PADA SUNGAI KRUENG JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASPIAN HUTAJULU - Personal Name

Abstrak/Catatan

Daerah di sekitar Sungai Krueng Jambo Aye selalu mengalami banjir akibat air sungai yang meluap pada saat musim hujan tiba. Permasalahan ini terjadi dari tahun ke tahun sehingga perlu dilakukan penanggulangan banjir untuk melindungi wilayah sekitar akibat air sungai yang meluap di Krueng Jambo Aye. Rata-rata banjir yang terjadi setinggi 50 cm sampai 1,5m. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian tentang pemodelan banjir pada Krueng Jambo Aye untuk memprediksi debit banjir dan melakukan upaya pengendalian banjir yang terjadi pada Sungai Krueng Jambo Aye. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi besarnya debit banjir selama musim hujan dan untuk mengkaji penanggulangan banjir untuk memberikan informasi terhadap solusi penanggulangan banjir. Langkah awal dalam studi ini adalah melakukan pengumpulan data debit Sungai Krueng Jambo Aye selama 18 tahun dari tahun 1980 sampai dengan 1997. Untuk mendapatkan debit periode ulang selama 25 tahun berdasarkan data yang tersedia, maka digunakan pendekatan Maximum Likelihood Method. Analisis hidrolika dilakukan dengan menghitung kapasitas sungai melalui penampang melintang dan penampang memanjang. Pemodelan ini menggunakan software HEC-RAS 4.1. Dari hasil perhitungan diperoleh debit banjir rencana dengan Q5 = 884,720 m3/s, Q10 = 1019,833 m3/s dan Q25 = 1198,442 m3/s. Debit banjir rencana yang digunakan untuk running software HEC-RAS 4.1 (Hydrologic Engineering Centre - River Analysis System) tersebut digunakan debit rencana dengan periode ulang 25 tahun. Limpasan tertinggi terjadi pada cross 312 dengan tinggi banjir sebesar 3,56 m. Solusi penanggulangan banjir yang digunakan adalah pembangunan tanggul. Tanggul yang akan dibangun memiliki tinggi jagaan 1 meter dan lebar 4 meter. Bagian sungai yang mengalami limpasan sebanyak 121 cross dari total 132 cross pada sungai tinjauan. Kata kunci : Sungai, debit banjir, maximum likehood method, HEC-RAS, tanggul

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBUATAN WADUK RUKOH DAN WADUK TIRO TERHADAP PENURUNAN MUKA AIR BANJIR SUNGAI KRUENG TIRO KABUPATEN PIDIE (edi subroto, 2016)

PEMODELAN BANJIR SUNGAI KRUENG JEULANGA GAMPONG ALUE KEUTAPANG KABUPATEN PIDIE JAYA (Fajrin Nuzar, 2016)

PEMODELAN BANJIR SUNGAI KRUENG BARO KABUPATEN PIDIE (M DANIYAL SAFRIZAR, 2018)

KAJIAN POLA SEBARAN SEDIMEN PADA SALURAN BANJIR SUNGAI KRUENG ACEH (alfaisal, 2017)

KAJIAN PENELUSURAN BANJIR (FLOOD ROUTING) TERHADAP KAPASITAS TAMPUNGAN SUNGAI DI HILIR WADUK KEUREUTO KABUPATEN ACEH UTARA (Rais Buldan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy