KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Siti Aminah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406104040026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Aminah, Siti. 2018. Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 1 Saree. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

(1) Drs. M. Yamin, M.Ed. (2) Drs. Bukhari, M.Pd.

Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Permulaan
Penelitian ini merumuskan masalah bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 1 Saree. Penelititan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun Aspek-aspek yang di nilai dalam penelitian ini adalah pelafalan, ketepatan membaca tulisan, intonasi, kelancaran, dan pemahaman isi bacaan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif. Pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Sekolah Dasar yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 15 orang perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes membaca kalimat yang diambil dari buku siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas II dengan perolehan nilai rata-rata mencapai 79,9. Siswa yang memperoleh nilai sangat baik sebanyak 5 siswa dengan persentase (17,85%), siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik sebanyak 11 orang siswa dengan persentase (39,28%), sementara siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori cukup sebanyak 8 orang siswa dengan persentase (28,57%), dan siswa yang memperoleh nilai kurang sebanyak 4 orang siswa dengan persentase (14,28%).
Simpulan penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan siswa, dalam kemampuan mambaca permulaan siswa di SD Negeri 1 saree sudah termasuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebanyak 79,9. Siswa yang memperoleh nilai dalam kategori sangat baik sebanyak 5 siswa, siswa yang memperoleh nilai dalam kategori baik sebanyak 11 siswa, sementara siswa yang memperoleh nilai dalam kategori cukup sebanyak 8 siswa, sedangkan siswa yang memperoleh nilai dalam kategori kurang sebanyak 4 siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK