//

RANCANG BANGUN LAYANAN REKAM MEDIS HEWAN UNTUK KLINIK VETERINER BERBASIS MOBILE WEB

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARDIANA SAFUTRI - Personal Name
SubjectWEB PROGRAMMING
WEB SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Veteriner merupakan segala hal yang berkaitan tentang hewan dan penyakitnya. Klinik veteriner merupakan klinik untuk penangganan dan perawatan penyakit hewan yang dilakukan oleh tenaga medis ahli pada bidang kesehatan hewan. Klinik veteriner dapat juga disebut sebagai klinik veteriner. Pada klinik veteriner pasti memiliki catatan rekam medis penyakit hewan. Rekam medis merupakan keterangan baik tertulis maupun yang terekam tentang identitas, anamnesa, pemeriksaan fisik, laboratorium, diagnosis serta segala pelayanan dan tindakan medis yang diberikan kepada pasien, dan pengobatan baik yang di rawat inap, rawat jalan, maupun yang mendapatkan pelayanan gawat darurat. Klinik veteriner saat ini sedang berkembang pesat disebabkan oleh peningkatan komunitas pecinta hewan yang ada di indonesia. Peningkatan komunitas pecinta hewan mengakibatkan peningkatan terhadap pelayanan kesehatan hewan. Kebanyakan dari klinik veteriner cenderung memprioritaskan penangganan hewan secara langsung tanpa adanya rekap data penyakit. Keadaan tersebut menyebabkan kurangnya pengelolaan data rekam medis di suatu klinik veteriner. Data rekam medis sangatlah penting untuk penunjang keputusan dokter dalam mendiagnosa penyakit. Selain dari pengingkatan pecinta hewan, pasti ada peningkatan dari segi data rekam medis hewan. Untuk itu, dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi pengelolaan data rekam medis hewan menggunakan platform Android dan layanan web. Aplikasi ini akan dapat membantu para dokter hewan untuk sistem pengelolaan data rekam medis dan klien. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan layanan antrian yang dapat terhubung langsung pada 2 aplikasi dan berjalan secara online. Dalam proses pengembangan aplikasi menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang berfokus pada pengguna sebagai objek pengembangannya. Aplikasi mobile rekam medis ini, dikembangkan secara hybrid dengan menggunakan Framework Ionic dengan memanfaatkan teknologi web seperti HTML, CSS dan JavaScript. Nantinya aplikasi mobile ini akan terhubung dengan layanan web yang telah dikembangkan untuk mengelola data rekam medis dan klien. Pada pengembangan sistem terbagi atas dua berdasarkan penggunanya yaitu: resepsionis dan dokter hewan. Kedua aplikasi ini saling terhubung dengan saling melengkapi untuk sistem pengelolaan data rekam medis dan klien yang terdaftar pada klinik tersebut. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah menciptakan aplikasi rekam medis dengan pengujian pada pengguna yang dilakukan sebanyak 2 kali terhadap analisa usability testing terhadap prototype dan aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor yang dihasilkan untuk prototype adalah 80.71 dan untuk aplikasi asisten klinik serta dokter hewan menghasilkan skor 80.5 dan 83.15.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN LAYANAN WEB (WEB SERVICE) UNTUK APLIKASI REKAM MEDIS PRAKTIK PRIBADI DOKTER (Yusrizal, 2017)

RANCANG BANGUN APLIKASI REKAM MEDIS UNTUK PRAKTIK PRIBADI DOKTER BERBASIS ANDROID DAN MEMANFAATKAN LAYANAN WEB (Iwansyah Putra, 2017)

PERANCANGAN PROTOTIP APLIKASI ELECTRONIC MEDICAL RECORD DAN ELECTRONIC MEDICAL REGISTRATION BERBASIS ANDROID DI RSHP PROF. DR.NOERJANTO FKH UNSYIAH (DITA ANGGRAINI, 2020)

KELENGKAPAN PENGISIAN REKAM MEDIS PELAYANAN MEDIK RAWAT JALAN DI RSGM UNSYIAH (Putri Magribna, 2016)

RANCANG BANGUN SISTEM REKAM MEDIS PADA KLINIK (STUDI KASUS PT PLN WILAYAH ACEH) (Chendy Moulifakar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy