PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING RNPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING RNPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X


Pengarang

Feri Safrina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103040016

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata kunci: Model Pembelajaran, E-learning, Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit


Telah dilakukan penelitian “Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit untuk SMA/MA Kelas X”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap pengembangan model pembelajaran e-learning pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, dan kelayakan model e-learning dalam proses pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kimia yang berjumlah 9 orang, terdiri dari 3 orang guru SMA Lab School, 2 orang guru SMA Negeri 1 dan 4 orang guru SMA Negeri 5 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tanggapan guru. Tanggapan guru dianalisis berdasarkan tiga indikator yaitu isi kurikulum, isi materi dan model e-learning. Data yang diperoleh berdasarkan indikator dan data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa respon guru terhadap model pembelajaran e-learning untuk tiga indikator yaitu isi kurikulum, isi materi, dan model e-learning memperlihatkan persentase secara berurutan 81,48; 75,00; dan 70,20%. Rata-rata persentase guru secara keseluruhan terhadap model pembelajaran e-learning yang dikembangkan memberikan respon positif yaitu 75,56% dan termasuk ke dalam kriteria layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK