//

KEPADATAN POPULASI DAN POLA DISTRIBUSI TIRAM (CRASSOSTREA SP.) DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI NARISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri Narisa, 2018. Kepadatan Populasi dan Pola Distribusi Tiram (Crassostrea sp) di Kawasan EKosistem Mangrove Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S., M.Si (2) Dr. Ismul Huda, M.Si Kata Kunci: Kepadatan, Distribusi, Tiram, Ekositem Mangrove Tiram (Crassostrea sp), merupakan salah satu sumberdaya perikanan yang memiliki nilai ekonomis penting, dan terjadi penurunan populasi Tiram (Crassostrea sp) karena kegiatan predator alami dan aktivitas masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Ekosistem Mangrove Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar pada bulan September sampai dengan Oktober 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepadatan Populasi dan Pola Distribusi Tiram (Crassostrea sp) berdasarkan substrat serta faktor fisika-kimia perairan di Kawasan Ekosistem Mangrove Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan teknik purposive sampling. Kepadatan populasi dianalisis dengan rumus Kepadatan Populasi, Pola Distribusi dianalisis dengan rumus Indeks Morisita dan kondisi lingkungan dianalisis secara deskriptif. Lokasi penelitian terdiri dari 3 stasiun, masing-masing stasiun diletakkan 6 plot dengan ukuran 1m x 1m. Hasil penelitian menunjukkan kepadatan populasi Tiram (Crassostrea sp) pada stasiun I = 2 ind/m2, stasiun II = 2 ind/m2 dan pada stasiun III = 2 ind/m2. Pola distribusi menunjukkan Indeks Morisita berkisar antara 1,02 sampai 1,06. Kondisi lingkungan perairan terdiri dari suhu air = 27-34ᵒC, pH air = 6,8-7,5, dan salinitas = 23-27‰. Kesimpulannya adalah kepadatan populasi Tiram (Crassostrea sp) di kawasan ekosistem mangrove Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar sebesar 2 ind/m2 (sangat rendah), pola distribusi Tiram (Crassostrea sp) terjadi secara berkelompok (clumped) dan kondisi perairan merupakan kondisi yang sesuai bagi kehidupan Tiram (Crassostrea sp).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

DISTRIBUSI TIRAM BAKAU (CRASSOSTREARHIZOPORAE) PADA AKAR MANGROVE DESA TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Risa Rianda, 2017)

HUBUNGAN STRUKTUR VEGETASI MANGROVE DENGAN SUBSTRAT DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (MAISURA ADLINA, 2018)

KANDUNGAN TIMBAL PADA KERANG DI EKOSISTEM MANGROVE LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Juliana, 2019)

POLA DISTRIBUSI KERANG MANGROVE (POLYMESODA)DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (INDAH LESTARI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy