//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DI KELAS IV SDN LEUPUNG 26 ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Furqan - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
TEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: hasil belajar, peta konsep Penelitian ini berjudul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Peta Konsep dan Tidak Menggunakan Peta Konsep pada Materi Struktur Tumbuhan di Kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan tidak menggunakan peta konsep pada materi struktur tumbuhan di kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan tidak menggunakan peta konsep pada materi struktur tumbuhan di kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar yang berjumlah 57 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak jumlah populasi yaitu 57 siswa. Penelitian ini terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang kedua-duanya dipilih secara acak. Kelas eksperimen terpilih sebanyak 28 orang siswa sedangkan yang terpilih pada kelas kontrol sebanyak 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk multiple choice yang diberikan pada akhir pembelajaran. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus student t uji dua pihak dengan taraf signifikan 0,05, kriteria pengujian; terima Ho jika –t1 - 1⁄2 α < t < t1 - 1⁄2 α. Hasil pengolahan data diperoleh t hitung = 4,30 dan t tabel = 2,000. Hasil analisis data menunjukkan -2,000 < 4,30< 2,000, maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan tidak menggunakan peta konsep berbeda nyata pada materi struktur tumbuhan di kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI SMP NEGERI2 INGIN JAYA ACEH BESAR (Ruhamah, 2021)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP (Mauliana, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA PADAT, CAIR DAN GAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 PEUNITI BANDA ACEH (LISA KAMISLINA, 2014)

PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH) (Intan Haddat, 2021)

PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA IPS DENGAN MATERI SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATAN UNTUK KEGIATAN EKONOMI DI KELAS IV SDN LAMSAYUEN ACEH BESAR (SAIFUL BAHRI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy