//

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA SOAL NON RUTIN BERKAITAN GRAFIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRIYAH RAHMA LUBIS - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL TESTS
COGNITIVE PSYCHOLOGY - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Khairiyah Rahma Lubis (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Soal Non Rutin Berkaitan Grafik Ditinjau dari Gaya Kognitif Representasi dibutuhkan dalam proses penyelesaian masalah matematika sebagai gagasan ide untuk membuat permasalahan menjadi lebih jelas. Kenyataannya kemampuan representasi siswa masih rendah. Rendahnya representasi matematis siswa salah satunya terlihat dari rendahnya hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal PISA berkaitan grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada soal non rutin berkaitan grafik ditinjau dari gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil tes GEFT, subjek FI diambil berdasarkan skor GEFT tertinggi dan subjek FD diambil berdasarkan skor GEFT terendah. Sehingga diperoleh empat subjek dari 36 siswa kelas VIII-1 MTsN Model Banda Aceh pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu soal non rutin yang terdiri dari empat soal uraian yang meliputi jenis representasi visual, verbal, dan simbolik, serta pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Subjek FI memiliki representasi visual yang sangat tinggi karena mampu menggambar dan memberikan keterangan grafik dengan tepat, memiliki representasi verbal yang tinggi untuk subjek pertama namun rendah untuk subjek kedua karena hanya mampu mendeskripsikan dua grafik dengan benar, dan memiliki representasi simbolik yang sangat tinggi karena mampu melibatkan ekspresi matematis dalam menyelesaikan soal berkaitan grafik; 2) Subjek FD memiliki representasi visual yang rendah karena tidak mampu menggambar dan memberikan keterangan grafik dengan tepat, memiliki representasi verbal yang rendah karena tidak mampu mendeskripsikan grafik dengan benar, dan memiliki representasi simbolik yang juga rendah karena tidak mampu melibatkan ekspresi matematis dalam menyelesaikan soal berkaitan grafik. Kata kunci: Gaya Kognitif, Grafik, Representasi Matematis, Soal Non Rutin

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) (Purnama Wita, 2017)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DENGAN KONTEKS KEPRAMUKAAN DI SMPN 8 BANDA ACEH (SUAIBATUL ASLAMIAH, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP (Nadhirah Rakfah, 2020)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Rahmah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy