//

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP TENAGA KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT PADA PT. SEMADAM KABUPATEN ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tia Maulida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sub-sektor perkebunan sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta mendorong penyerapan tenaga kerja sangat banyak. Salah satunya adalah perkebunan kelapa sawit dengan permintaan kelapa sawit yang terus meningkat, luas areal produksi kelapa sawit dan tenaga kerja yang dibutuhkan lebih banyak. Pulau Sumatera adalah sentral perkebunan sawit terbesar di Indonesia dengan luas area 2.959.606 Ha, produksi sebanyak 4.280 Kg, dan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.479.806 jiwa (BPS, 2016). Salah satu dukungan yang harus dikembangkan dari setiap perusahaan adalah manajemen sumber daya manusia. Pengelolaan sumber daya manusia tidak terlepas dari faktor-faktor yang diharapkan kepada karyawan untuk dapat berprestasi dan dapat mencapai tujuan perusahaan tersebut. Pentingnya dilakukan penelitian ini merupakan salah satu petunjuk untuk mengetahui kemampuan seseorang atau sekelompok tenaga kerja dalam satu tahapan produksi maupun keseluruhan proses produksi. PT. Semadam adalah perusahaan besar yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit dimana motivasi kerja menjadi sangat penting dan menjadi masalah pokok dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas tenaga kerja panen pada PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pemanen pada PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu analisis Chi Square dan analisis regresi linear berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja di bagian produksi panen di setiap afdeling yang bekerja di PT. Seumadam dengan menggunakan metode sensus. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan karyawan PT. Seumadam. Sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan perusahaan, laporan-laporan, instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian ini sebagai bukti penunjang dari data primer. Dari hasil analisis menggunakan Chi Square diperoleh nilai sebesar 52.133 dan nilai probabilitas 0,04 > 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya motivasi memiliki hubungan terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang. Dari hasil analisis regresi linear berganda secara parsial (uji t) dari lima variabel yaitu umur, lama bekerja, jumlah tanggungan, pendidikan dan premi panen, hanya variabel premi panen yang memberikan pengaruh nyata terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang. Sedangkan secara simultan (uji f) variabel umur, lama bekerja, jumlah tanggungan, pendidikan dan premi panen secara bersama-sama mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PT. Semadam Kabupaten Aceh Tamiang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT RAKYAT DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (Nanda Lisa, 2019)

ANALISIS KORELASI MOTIVASI KERJA DENGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA TENAGA KERJA SKU (STANDAR KERJA UMUM) PANEN KELAPA SAWIT DI PT.SEMADAM KABUPATEN ACEH TAMIANG (Nanda Khairunnisa, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN DI PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. PARASAWITARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (Rachmat Al Amami N, 2014)

PENGARUH PENGATURAN PANEN TERHADAP VOLUME PRODUKSI TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI PT.SEMADAM (FIRA MEUTIA, 2020)

PENGARUH FAKTOR UPAH DAN LINGKUNGAN KERJA KARYAWAN TERHAD AP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMANEN KELAPA SAWIT PT. KALISTA ALAM KABUPATEN NAGAN RAYA (Tina Agusminar, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy