//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAURINA RINANDA - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Faurina Rinanda (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan selama pembelajaran guru langsung menjelaskan materi dan menyelesaikan contoh soal kurang melibatkan siswa. Keadaan ini menyebabkan siswa kurang aktif berinteraksi dan kurang mandiri. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar siswa adalah Uji-t dan uji anava dua jalur guna melihat perbedaan peningkatan antar level siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa terhadap matematika dalam pembelajaran dengan model PBL lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Selain itu diperoleh tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dan level siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa maupun terhadap kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Komunikasi matematis, Kemandirian belajar siswa, Model problem based learning (pbl).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (SAFRIDA, 2019)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA (NELLIANI, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy