//

PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIFTAHUL JANNAH - Personal Name
SubjectCOMPUTER PROGRAMS
SCHOOL MANAGEMENT
COMPUTER LANGUAGES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jannah Miftahul. 2018. Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V di SD Negeri 54 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. Awaluddin, M.Pd (2) Nurmasyitah, S.Pd, M.Ed Kata Kunci: Ekstrakurikuler pramuka, Karakter siswa. Penelitian ini berjudul Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V di SD Negeri 54 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di SD Negeri 54 Banda Aceh. Subjek penelitian adalah 1 orang Pembina pramuka, siswa 30 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 54 Banda Aceh sudah terlaksana dengan baik, sekolah menyusun rencana program yang berpedoman pada buku SKU pramuka. Hasil wawancara yang dilakukan dengan pembina pramuka di SD Negeri 54 Banda Aceh menunjukkan bahwa sekolah ini memiiki kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam kegiatan pramuka seperti baris berbaris, semaphore, dan tali temali. Dalam mengajar, Pembina pramuka telah menggunakan metode kepramukaan. Kegiatan Ekstrakurikuler pramuka ini diharapkan mampu membentuk karakter dan watak pada siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembinaan karakter pada siswa dilakukan melalui kegiatan pramuka pada saat pembina mengarahkan siswa melalui kegiatan-kegiatan pramuka seperti pembinaan disiplin dan tanggung jawab terhadap tugas pramuka yang diberikan, karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerjakeras, kreatif, mandiri, cinta tanah air, demokrasi, rasa ingin tahu, semagat kebangsaa, peduli lingkungan, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab yang dikembangkan oleh pembina pramuka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN KEGIATAN EXTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH (EVA DIANA, 2019)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (Syahrina Dhahirah,ab, 2017)

EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD NEGERI 11 BANDA ACEH (FAUDIN BINTARI, 2021)

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Ajirna, 2017)

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Irmayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy