//

UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Izzati Lathifah - Personal Name
SubjectCOOPERATIVE LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lathifah, Izzati. 2018. Upaya Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pembimbing : 1. Drs. Amrusi, M.Si 2. Irma Anggraini, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu, (2) Untuk Mengetahui Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu, (3) Untuk Mengetahui Kendala – Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru mata pelajaran IPS Terpadu, 3 siswa kelas VIII dan 3 siswa kelas IX, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab kesulitan belajar siswa dikarenakan tingkat pengetahuan siswa yang rendah dalam mengikuti mata pelajaran IPS Terpadu dan siswa menganggap mata pelajaran IPS membosankan dan sulit dipahami, sehinggga siswa sulit mengerjakan soal latihan maupun soal ulangan. Dalam hal Ini upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menentukan letak kesulitan siswa, memberikan pengajaran perbaikan (remedial), memberikan kegiatan pengayaan, memberika motivasi belajar, mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, serta memberikan pengulangan bahan materi berulang-ulang sampai siswa yang mengalami kesulitan mampu diatasi. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu adalah pada sarana buku paket atau modul pembelajaran. Dimana siswa memakai buku yang revisi 2015, sedangkan guru memakai guru memakai buku yang revisi tahun 2017. Kemudian dalam penggunaan media laptop jarang digunakan oleh guru dikarenakan tidak tersedianya prasana (infokus) dikelas maupun disekolah tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Izzati Lathifah, 2018)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (ZAHARA MUTIA, 2015)

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA MTSS LAWE SAWAH ACEH SELATAN (ILHAM MULYADI, 2018)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMA SEDERAJAT PADA MATA PELAJARAN PPKN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR ) (Yesi Erviana, 2019)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Safiatul Husna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy