ANALISIS HUBUNGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN BUKU TEKS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS LINTAS MINAT BIOLOGI SMAN DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS HUBUNGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN BUKU TEKS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS LINTAS MINAT BIOLOGI SMAN DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

YUSRIATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200150009

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik pada sistem ekskresi, sub konsep yang mengalami miskonsepsi dan hubungannya dengan buku teks serta motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 12, dan SMAN 14 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 121 peserta didik kelas XI Lintas Minat Biologi dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes dilengkapi Certainty of Respon Index, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi yang dialami peserta didik SMAN 3 dan SMAN 4 masing-masing sebesar 27,00% dan 29,22% dikategorikan rendah, miskonsepsi peserta didik SMAN 5 dan SMAN 12 masing-masing sebesar 34,32% dan 37,05% dikategorikan sedang. Peserta didik SMAN 14 mengalami miskonsepsi 24,92% dikategorikan rendah. Sub konsep struktur dan fungsi organ ekskresi mengalami miskonsepsi tertinggi di empat SMAN, sedangkan sub konsep proses ekskresi mengalami miskonsepsi tertinggi di satu SMAN. Hasil uji korelasi untuk miskonsepsi peserta didik dengan buku teks diketahui SMAN 3 rh=0,971>rt=0,950; SMAN 4 rh=0,987>rt=0,950; SMAN 5 rh=0,959>rt=0,950; SMAN 12 rh=0,966>rt=0,950 dan SMAN 14 rh=0,954>rt=0,950. Hasil uji korelasi untuk miskonsepsi peserta didik dengan motivasi belajar diketahui SMAN 3 rh=0,016-0,267

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK