//

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ida Sofia - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sofia, Ida. 2018. Identifikasi Pemahaman Konsep Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si., (2) Dr. Mirza Desfandi M.Soc. Sc Kata kunci: pemahaman konsep, three-tier multiple choice, diagnostic test Keberhasilan siswa dalam memahami suatu materi dapat dilihat dari seberapa besar pemahaman konsep yang dikuasai siswa pada materi tersebut, demikian pula halnya dengan siswa MAN 1 Banda Aceh. Berdasarkan wawancara dengan Guru Geografi MAN 1 Banda Aceh, materi yang kurang dipahami oleh siswa adalah dinamika planet bumi. Hal ini terbukti dengan nilai ulangan siswa kelas XI IPS 1 sebesar 68,15 dan siswa kelas XI IPS 2 sebesar 67,19 yang belum mencapai KKM yaitu 75. Diduga hal ini akibat kurangnya pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa dengan menggunakan instrumen three-tier multiple choice diagnostic test pada materi dinamika planet bumi di MAN 1 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 2 berjumlah 70 siswa yang dijadikan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui three-tier multiple choice diagnostic test yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa adalah 38% yang termasuk kategori gagal berdasarkan pendeskripsian data tingkat pemahaman konsep yang kurang dari 45%, sisanya 30,5% siswa tidak paham konsep, 26,5% siswa mengalami miskonsepsi dan 5% siswa mengalami error. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada Guru untuk menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar khusus nya pada materi dinamika planet bumi agar pemahaman konsep siswa semakin meningkat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL DIAGNOSTIK MISKONSEPSI MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GERAK LURUS DI MAN MODEL (AYU RAHMADANI, 2019)

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 TERHADAP KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE (iffah munawwarah, 2016)

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Yusnidar, 2016)

ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Aida Auliyani, 2017)

ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DI JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rasa, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy