//

PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN PONDASI BORED PILE PADA PROYEK JALAN AKSES CILINCING-JAMPEA TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mega Yunita - Personal Name
SubjectFOUNDATION-CONSTRUCTION
BORED PILE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Produktivitas merupakan rasio dari output dibanding input suatu pekerjaan dalam sebuah proyek konstruksi. Produktivitas merupakan salah satu faktor yang menjadi indikator keberhasilan suatu proyek konstruksi. Dalam proyek konstruksi setiap pekerjaan selalu dimulai dengan pekerjaan pondasi, baik pondasi dangkal dan atau pondasi dalam. Pondasi bored pile merupakan salah satu pondasi dalam yang masih satu tipe dengan pondasi tiang pancang. Pondasi bored pile dikerjakan dengan cara membuat lubang terlebih dahulu lalu memasukan besi tulangan yang sudah di rangkai kedalam lubang, kemudian memasukan adukan beton atau pengecoran ditempat pada lubang bornya. Salah satu proyek konstruksi yang menggunakan pondasi bored pile untuk pondasinya adalah Proyek Tanjung Priok Access road construction project (phase І) package 2, section E-2, Cilincing – Jampea, Jakarta Utara. Penelitian ini ditujukan untuk menguji produktivitas pekerjaaan pondasi bored pile pada proyek jalan akses dari Cilincing menuju Jampea, Tanjung Priok. Pekerjaan pondasi bored pile terbagi atas 3 tahap yaitu: pengeboran, pemasangan tulangan, dan pengecoran. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu pengumpulan data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari kontraktor yang berupa informasi gambar rencana, hasil tes dan dokumentasi proyek. Data primer diperoleh dari pengamatan lapangan, dalam bentuk pencatatan waktu penyelesaian setiap tahap pekerjaan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah nilai produktivitas pekerjaan pondasi bored pile yaitu 3,14m³/jam dan produktivitas untuk setiap tahap pekerjaan bored pile. Dimana nilai produktivitas untuk pekerjaan pre boring 46,71 m³/jam; pemasangan casing 115,69 m/jam; drilling by bucket 9,74 m³/jam; cleaning by bucket 81,70 m³/jam; cleaning by airlift 10,81 m³/jam; tes koden 313,05 m/jam; pemasangan pembesian 30,37 m/jam; pemasangan pipa tremie 88,11 m/jam dan untuk pengecoran 89,56 m³/jam. Nilai dan beberapa informasi terkait tentang produktivitas dapat digunakan untuk menghitung koefisien requirement tenaga kerja atau peralatan kerja. Dalam penelitian ini didapat koefisien alat, tenaga kerja dan material pada pekerjaan bored pile. Lebih lanjutnya informasi tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk proyek-proyek serupa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PRODUKTIVITAS PILE DRIVER DIESEL HAMMER PADA PEKERJAAN PEMANCANGAN TIANG PANCANG PADA PROYEK PENGGANDAAN JEMBATAN KRUENG CUT KOTA BANDA ACEH. (Khalidi, 2017)

ANALISIS FAKTOR KEAMANAN DAN PENANGANAN LERENG PADA RUAS JALAN BLANG KEUJEREN - PEURELAK KABUPATEN GAYO LUWES MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS (T M HASAN BASRI, 2017)

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN SHEET PILE (RUAS JALAN MEULABOEH-GEUMPANG STA 84+280 DAN 84+910) (Dewi Safrina, 2019)

ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE DINAMIC EYTELWEIN DAN ENGINEERING NEW-RECORD DIBANDINGKAN DENGAN HASIL PDA ( STUDI KASUS PADA PEMBANGUNAN GEPP ARUN 184 MW LHOKSEUMAWE – ACEH ) (Muhammad Syarif, 2016)

PERENCANAAN PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE BANDA ACEH DENGAN KAPAL FERRY ROLL ON ROLL OFF BERKAPASITAS 2000 GRT (TEUKU ANDRI RENALDI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy