PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGRNDALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENYESUAIAN RNMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA RNSISWA KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGRNDALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENYESUAIAN RNMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA RNSISWA KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH


Pengarang

NURYULIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104090001

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : Penerapan, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
Penelitian ini berjudul “ Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh ”. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi Penyesuaian Makhlu Hidup dengan Lingkungannya di Kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas Guru dalam proses pembelajaran melalui pendekatan Contextextual Teaching and Learning kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh pada materi Penyesuaian Makhlu Hidup dengan Lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 orang, siswa perempuan berjumlah 22 orang dan laki-laki berjumlah 6 orang. Teknik pegumpulan data diperoleh dengan Aktivitas Guru, serta memberikan tes hasil belajar. Dimana pada pengumpulan data ini mengunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah adalah dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berada dalam kriteria baik dengan nilai 3,83. Dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 96,8% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam materi Penyesuaian Makhlu Hidup dengan Lingkungannya dapat dikatakan baik dan bisa diterima dalam proses belajar mengajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK