//

PENGARUH LAMA PRE-COOLING DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP MUTU JAGUNG MANIS RN(ZEA MAYS SACCHARATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIDAR - Personal Name
SubjectCORN
FOOD TECHNOLOGY
STORAGE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

MAULIDAR. 0805106010021. Pengaruh Lama Pre-Cooling Dan Suhu Penyimpanan Terhadap MutuJagung Manis (Zea Mays Saccharata). Di Bawah Bimbingan Ratna, S.TP., MT, Sebagai Pembimbing Utama dan Dr. Rita Khathir, S.TP., M.Sc, Sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Jagung manis yang baru siap dipanen mengalami panas lapang sangat tinggi, terutama bila panen dilakukan pada saat hari sedang panas. Hal ini dapat mempengaruhi mutu dari jagung manis itu sendiri, sehingga perlu dilakukan pre-cooling atau pendinginan awal pada jagung manis.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lama pre-cooling dan suhu penyimpanan terhadap mutu jagung manis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan perlakuan pre-cooling pada tiga taraf yaitu30, 90 dan 150 menit, kemudian dilanjutkan dengan perlakuan penyimpanan pada suhu 5,15 dan 30oC. Pengamatan dilakukan selama 10 hari dengan interval pengambilan data setiap 2 hari sekali, dan pengamatan dihentikan apabila panelis telah memberikan skor minimal 2 (tidak suka). Parameter analisis meliputi susut bobot, kadar air, total padatan terlarut (TPT), kandungan vitamin C, dan kekerasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panelis menolak jagung manis yang disimpan pada suhu 30oC pada hari ke-4, sedangkan jagung manis yang simpan pada suhu 15 dan 5oC ditolak pada hari ke-10 penyimpanan. Susut bobot terendah adalah 12,22% yang diidentifikasikan pada jagung manis dengan perlakuan pre-cooling 90 menit dan suhu penyimpanan 5oC.Adapun kadar air dan kandungan TPT perlakuan terbaik terdapat pada jagung manis yang diberi perlakuan pre-cooling 150 menit dan penyimpanan suhu 5oC, dengan rincian sebagai berikut kadar air total 51,12% dan kandungan TPT 8,27oBrix. Sedangkan kandungan vitamin C tertinggi (18,19 mg/100 g bahan segar) diperoleh pada jagung manis yang diberi perlakuan pre-cooling 30 menit dan penyimpanan suhu 15oC. Jagung manis yang terlembut (2,11 kg/cm2) diperoleh dengan perlakuan pre-cooling 150 menit pada penyimpanan suhu 5oC. Dapat disimpulkan bahwa perlakuan pre-cooling dan penyimpanan pada suhu rendah berdampak pada bertahannya kualitas jagung manis, serta bertambahnya umur simpan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA PRE-COOLING DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP MUTU JAGUNG MANIS RN(ZEA MAYS SACCHARATA) (MAULIDAR, 2014)

PEMANFAATAN LIMBAH TAHU UNTUK MEMPERBAIKIRNSIFAT KIMIA DAN BIOLOGI TANAH PADA TANAMAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS VAR. SACCHARATA STURT L.) (Hidayani, 2014)

MODEL PENDUGAAN UMUR SIMPAN JAGUNG MANIS SEGAR (ZEA MAYS SACCHARATA) PADA SUHU ATMOSFER DAN SUHU RENDAH (Mega Apriesti Puri, 2013)

PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN KALIUM IODAT TERHADAP SIFAT KIMIA, PERTUMBUHAN, HASIL DAN KANDUNGAN IODIUM DALAM BIJI JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L. VAR. SACCHARATA) (MINARNI, 2014)

ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA TANI JAGUNG MANIS HIBRIDA PADA KELOMPOK TANI TGK BAK ASAN DI DESA LAMBADA PEUKAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Mulyani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy