//

ESTIMASI BIAYA DAN TINGKAT KERUSAKAN KONSTRUKSI PADA BANGUNAN GEDUNG RSU DATU BERU KOTA TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Aulia Ridha - Personal Name
SubjectESTIMATES
BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bencana bumi yang terjadi di dua Kabupaten Provinsi Aceh yaitu Aceh Tengah dan Bener Meriah pada 2013 telah mengakibatkan berbagai kerusakan infrastruktur publik di daerah tersebut. Salah satu bangunan yang mengalami kerusakan adalah Gedung Operasi RSU Datu Beru Kota Takengon. Perbaikan dan rehabilitasi bangunan tersebut harus segera ditangani agar dapat segera mengembalikan fungsi bangunan sab agai sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat kota Takengon. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah berapa jumlah biaya yang diperlukan untuk perbaikan kerusakan akibat bencana gempa bumi dan apa klasifikasi tingkat kerusakan akibat bencana gempa pada Gedung Operasi RSU Datu Beru Kota Takengon. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui total estimasi biaya perbaikan konstruksi akibat bencana gempa dan mengetahui tingkat kerusakan akibat bencana gempa berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008. Ruang lingkup dan batasan dalam penelitian ini adalah penelitian ini tidak melakukan uji kelayakan struktural dan geoteknikal pada bangunan yang menjadi objek penelitian, data primer yang digunakan didapat dari identifikasi kerusakan dengan melakukan survei dan pengukuran langsung dilapangan serta data sekunder yang berupa data harga material harga upah dan peralatan berdasarkan keputusan Bupati Aceh Tengah tahun 2013. Pengolahan data untuk mencapai tujuan penelitian ini Antara lain menggunakan analisa Standar Nasional Indonesia (SNI) 2002 dan 2008 untuk mendapatkan harga satuan pekerjaan, sedangkan untuk menentukan klasifikasi kerusakan pada bangunan mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008. Hasil penelitian ini adalah diketahui total estimasi biaya perbaikan kerusakan pada Gedung Operasi RSU Datu Beru Kota Takengon sebesar Rp 551,550,000.- dan klasifikasi tingkat kerusakan dikategorikan kedalam klasifikasi tingkat kerusakan ringan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008. Kata kunci : gempa bumi, estimasi biaya, tingkat kerusakan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BIAYA REHABILITASI DAN TINGKAT KERUSAKAN BANGUNAN GEDUNG DPRD KOTA SABANG (Rahmah Fitria, 2015)

KAJIAN REHABILITASI BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH SMK NEGERI 3 TAKENGON (T. Khusnul Badani, 2015)

PENERAPANPENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN PADA APOTIK RSU DATU BERU TAKENGON ACEHTENGAH (Siti Juraini Pamila, 2021)

EVALUASI KERUSAKAN DAN ESTIMASI BIAYA REHABILITASI BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH DASAR NEGERI 58 BANDA ACEH (AHMAD MUSHAWWIR, 2020)

PERENCANAAN BIAYA PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA LANGSA (IRMALIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy