//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI BERBASIS MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI MAN KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURHAYATI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigasi berbasis media lingkungan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi Plantae di MAN Kabupaten Bireuen. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari sampai bulan Februari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 142 siswa yang berasal dari MAN 3, MAN 5 dan MAN 7 Kabupaten Bireuen. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi merupakan alat penilaian yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dan tes objektif multiple choice untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan persentase dan Independent Sampel T-tes pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa berada pada kategori sangat baik. Hasil uji-t keterampilan proses sains diperoleh t-hit (25,32) > t-tab (1,66) dan hasil belajar diperoleh t-hit (8,55) > t-tab (1,66). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigasi berbasis media lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi Plantae di MAN Kabupaten Bireuen. Kata Kunci: Model Group Investigasi, Media Lingkungan, Keterampilan Proses Sains, Hasil Beajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI BERBASIS MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI MAN KABUPATEN BIREUEN (NURHAYATI, 2018)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (ERLITA, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS SISTEM MANAJEMEN LABORATORIUM PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR DI SMA SUKMA BANGSA (HIDAYATUL MUNAWARAH, 2016)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (ERLITA, 2018)

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy