PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI


Pengarang

SAFRIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200050031

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM
MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL
GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI

Oleh : Safrida
NPM: 1609200050031

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M.Pd
2. Dr. Niswanto, M.Pd


ABSTRAK

Kepala sekolah sebagai penanggung jawab pendidikan pada tingkat sekolah, memiliki kewenangan dan keleluasaan dalam mengembangkan berbagai program sekolah, mengelola dan mengawasinya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan professional guru bimbingan dan konseling. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Program pelaksanaan supervisi kepala sekolah SMA Negeri 1 Sigli dan SMA Negeri 2 Sigli disusun pada awal tahun ajaran baru semester ganjil dan semester genap, program ini terjadwal dan dilaksanakanan minimal dua kali dalam satu semester dan maksimal enam kali dalam setahun; (2) Pelaksanaan supervisi dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling pada SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Sigli, dalam pelaksanaannya ada kesepakatan antar kepala sekolah dengan guru bimbingan dan konseling. Prioritas utamanya adalah meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling pada SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Sigli yang merujuk pada perkembangan dan pemahaman peserta didik dan kinerja profesional, mempromosikan kinerja profesional, dan pemberian jaminan mutu terhadap praktek profesional; dan (3) Tindak lanjut supervisi kepala sekolah akan menjadi tolak ukur untuk mendukung pelaksanaan program bimbingan konseling.
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional, Guru Bimbingan dan Konseling

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK