DESAIN LOCAL INSTRUCTION THEORY (LIT) MATERI PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

DESAIN LOCAL INSTRUCTION THEORY (LIT) MATERI PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Pengarang

SITI FATIMAH ZUHRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160006

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.133

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Local Instruction Theory (LIT) materi perbandingan yang dikembangkan seharusnya dapat mengakomodir kebutuhan siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan siswa dapat membedakan antara perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan. Meskipun LIT materi perbandingan sudah ada, tapi LIT yang dihasilkan belum lengkap. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LIT materi perbandingan untuk meningkatkan pemahaman siswa di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design Research dalam dua siklus yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu tahap persiapan (preparing for the experiment) untuk merancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Tahap kedua yaitu uji coba pada tahap teaching experiment. Tahap ketiga yaitu analisis retrospektif (retrospective analysis). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang terdiri dari 20 siswa kelas VII-8 sebagai subjek uji coba pada tahap pilot experiment dan 29 siswa kelas VII-7 sebagai subjek uji coba pada tahap teaching experiment. HLT yang telah dirancang divalidasi oleh beberapa validator dengan keputusan bahwa HLT layak untuk diujicobakan. Berdasarkan hasil uji coba siklus I dan dikembangkan lagi pada siklus II diperoleh tiga aktivitas pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa HLT yang telah dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan. Selanjutnya HLT yang dapat membantu siswa dalam memahami materi perbandingan disebut sebagai LIT. LIT yang dihasilkan terdiri dari tiga aktivitas yaitu menemukan konsep perbandingan senilai menggunakan konteks resep timpan, menemukan konsep perbandingan berbalik nilai menggunakan konteks pembuatan timpan, dan menyelesaikan soal perbandingan menggunakan konteks kue tradisional. LIT yang telah diperoleh dapat dilanjutkan ke pengujian kepraktisan dan efektivitas untuk skala yang lebih luas.

Kata kunci: Local Instruction Theory (LIT), Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Pemahaman, Perbandingan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK