PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA


Pengarang

NELLIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160017

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nelliani (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri di SMA.

Kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa belum sesuai seperti yang diharapkan. Diperlukan upaya guru untuk membantu siswa menumbuhkan kedua kemampuan tersebut. Model pembelajaran discovery learning diharapkan dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa pada materi trigonometri melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian yaitu 10 siswa kelas X IPA SMAN 3 Seulimeum. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Selain itu untuk mendapatkan data pendukung, peneliti juga menggunakan pedoman wawancara dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk melihat proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi trigonometri dapat ditingkatkan melalui model discovery learning. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa yaitu 68.3% pada siklus I menjadi 71.7% pada siklus II. Hasil penelitian juga menunjukkan kemandirian belajar siswa pada materi trigonometri dapat ditingkatkan melalui model discovery learning. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan kemandirian belajar dari siklus I sebesar 47.2% menjadi 50.6% pada siklus II, artinya sebagian besar siswa sudah memiliki kemandirian belajar yang baik. Oleh karena itu guru dapat menerapkan pembelajaran discovery learning pada materi trigonometri, terutama pada konsep-konsep yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran penemuan.

Kata kunci: Kemampuan pemahaman matematis, Kemandirian belajar, Discovery learning

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK