PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DAN PENGURANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN BIREUEN (STUDI KASUS PADA BAITUL MAL KABUPATEN BIREUEN) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DAN PENGURANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN BIREUEN (STUDI KASUS PADA BAITUL MAL KABUPATEN BIREUEN)


Pengarang

MURNI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200070055

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Akuntansi Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja kelembagaan Baitul Mal Kabupaten Bireuen dalam pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah dan perannya dalam pengurangan kemiskinan di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk tujuan studi eksplorasi dan deskriptif. Menggunakan data primer dan sekunder dengan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Indeks Zakat Nasional untuk mengukur kinerja kelembagaan Baitul Mal Kabupaten Bireuen yang terdiri dari empat komponen yaitu penghimpunan, pengelolaan, penyaluran dan pelaporan. Untuk mengetahui peran Baitul Mal Kabupaten Bireuen dalam pengurangan kemiskinan di Kabupaten Bireuen dilakukan menggunakan analisis data interaktif dengan teknik trianggulasi guna meyakinkan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kelembagaan Baitul Mal Kabupaten Bireuen adalah baik dengan nilai indeks sebesar 0,73. Baitul Mal Kabupaten Bireuen juga memiliki peran dalam pengurangan kemiskinan di Kabupaten Bireuen, namun masih terbatas karena belum adanya zakat produktif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK